Sukses

Aplikasi Kitab Safinah untuk Belajar Fondasi Ilmu Fikih

Kitab Safinah menyajikan fondasi ilmu fikih yang merujuk pada mazhab Syafii.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bidang ilmu di dalam syariat Islam ialah ilmu fikih (bahasa Arab: الفقه‎). Secara harafiah, fikih berarti pemahaman atas sesuatu. Secara terminologis, fikih merupakan ilmu yang secara spesifik membahas hukum-hukum syariat.

Di Indonesia, ada satu kitab fikih yang banyak diajarkan di pesantren atau madrasah di lingkungan Nahdliyyin, yang ditujukan untuk pelajar dan santri pemula, yaitu Safinatun Najah (bahasa Arab: ‫سفينة النجاة‬‎) atau biasa disebut kitab Safinah.

Kitab ini menyajikan fondasi ilmu fikih yang merujuk pada mazhab Syafii. Adalah seorang ulama besar asal Yaman yang menyusun kitab ini, yaitu Salim bin Sumair al-Hadhrami.

Seiring dengan perkembangan zaman, kitab Safinah juga sudah tersedia dalam versi aplikasi dan salah satunya bernama "Kitab Fiqih Safinatun Najah - Terjemahan Indonesia".

Ketika artikel ini disusun, aplikasi Kitab Fiqih Safinatun Najah - Terjemahan Indonesia ini telah diunduh lebih dari 10.000 kali dengan penilaian 4,5/5.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilengkapi Juz Amma dan Kumpulan Doa

"Secara global, kitab ini mengupas dasar-dasar agama, tata cara bersuci, seperti "cebok" (istinja), wudlu', bagaimana kita beribadah kepada Allah, seperti salat dengan benar, serta mengajarkan jenis dan berapa harta yang wajib kita keluarkan sebagai zakat," kata pengembang di halaman aplikasi tersebut di Google Play Store.

Pengembang berharap aplikasi ini dapat membantu siapa saja yang hendak belajar fondasi fikih islam tidak hanya dalam waktu cepat, tapi juga secara tepat.

Selain itu, aplikasi ini juga memuat Juz 'Amma berikut terjemahnya serta kumpulan doa. Untuk bisa memasang aplikasi ini, smartphone harus menjalankan Android versi 4.2 atau ke atas. 

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini