Sukses

Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental

Berikut 6 manfaat puasa bagi kesehatan mental, mulai dari cegah depresi hingga tingkatkan kualitas tidur.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia termasuk juga di Indonesia. Bisa dibilang bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang tepat bagi umat muslim berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala. Terlepas dari menjalankan kewajiban agama dan mendapatkan pahala, ternyata puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan saat menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh ada ketenangan jiwa. Dalam hal ini ketenangan jiwa merupakan salah satu indikator mental yang sehat. Namun, selain memperoleh ketenangan jiwa ada banyak manfaat lainnya bisa kamu rasakan saat berpuasa.

Berikut ini ada enam manfaat puasa bagi kesehatan mental seperti dirangkum dari Merdeka.com.

1. Mengurangi Sakit Kepala atau Migrain

Manfaat puasa bagi kesehatan mental yang pertama adalah dapat mengurangi sakit kepala atau migrain. Banyak penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan serotonin yang tersedia di dalam otak sehingga kamu bisa lebih muda merasa bahagia, santai dan mampu mencegah migran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencegah Depresi

Manfaat puasa bagi kesehatan mental berikutnya adalah dapat mencegah depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan atau axiety setelah beberapa hari puasa berturut-turut.

Puasa di bulan Ramadhan, dapat melepaskan endorfin lebih banyak di otak yang membuat kamu lebih bahagia dan gembira. Ada efek gabungan dari iman seseorang ketika Ramadhan dan puasa yang membantu mengobati depresi.

 

3. Mengurangi Rasa Takut dan Agresif

Selain mencegah depresi manfaat puasa bagi kesehatan mental berikutnya adalah dapat mengurangi rasa takut dan agresif. Ada bagian otak yang memonitor lingkungan dari ancaman dan bahaya, sehingga dapat mengurangi ketakutan dan kemarahan.

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat membuat tidur seseorang menjadi jauh lebih baik, tanpa tiba-tiba terbangun di tengah malam.

Setelah seminggu puasa, kualitas tidur akan meningkat. Kualitas tidur yang baik sedikit banyak dapat menyebabkan suasana hati yang lebih baik juga.

5. Menimbulkan Perasaan Tenang

Selain itu, puasa yang dilakukan selama beberapa hari juga bagus untuk hormon endorfin yang diproduksi dalam darah. Hal ini bagus untuk kesehatan mental.

Kamu jadi bisa merasa lebih nyaman dan tenang. Terlepas karena kamu sudah menjalankan ibadah sesuai ajaran, kamu bisa mendapatkan efek positifnya, yaitu merasa lebih tenang.

4 dari 4 halaman

6. Membawa Perubahan Positif di Otak

Manfaat puasa bagi kesehatan mental berikutnya adalah dapat membawa perubahan positif dalam otak. Mengingat pada saat berpuasa seseorang cenderung lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Doa dan kegiatan agama di bulan Ramadhan yang bisa menjadi perubahan positif di dalam otak.

Bagian dari otak bahwa selama kegiatan keagamaan, merangsang korteks prefrontal otak untuk menentukan kepribadian kamu ekspresif, mengambil keputusan dan fungsi kognitif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini