Sukses

Quraish Shihab: Mustahil Meraih Kepuasan, karenanya Perhatikan Kemaslahatan Dunia dan Akhirat

Quraish Shihab juga mengatakan, bahwa melapangkan dada dan menceriakan wajah secara berlebihan akan mengundang sikap buruk si picik.

Liputan6.com, Jakarta Meraih kepuasan manusia adalah hal yang mustahil menurut Quraish Shihab. Karena itu perhatikanlah kemaslahatan Anda, dunia dan akhirat.

Quraish Shihab juga mengatakan, bahwa melapangkan dada dan menceriakan wajah secara berlebihan akan mengundang sikap buruk si picik. 

"Sedangkan yang menyempitkan dada dan mengerutkan kening akan mengundang kebencian siapapun," ucap cendikiawan muslim ini. 

Cukuplah untuk mengetahui betapa tinggi nilai ilmu, sehingga yang tidak tahu pun mengaku tahu dan berbangga jika dianggap tahu.

"Dan cukuplah mengetahui betapa buruk kebodohan, sehingga yang bodoh pun tidak mengakuinya dan marah bila dinamai bodoh," ucap Quraish Shihab.

Quraish Shihab juga menyebut ilmu ada dua macam. Ilmu yang ada di lidah, menurutnya hanya akan menjadi saksi pemberat bagi pemiliknya. Sedang ilmu di dada akan menerangi jalan pemiliknya dan orang lain.

"Itulah saksi pendukung di hari kemudian bagi pemiliknya," tutup Quraish Shihab di akhir renungannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.