Sukses

Apresiasi Non Muslim yang Ikut Puasa Ramadan

Bagaimana jadinya bila non muslim ikut berpuasa di bulan Ramadan?

Liputan6.com, Jakarta Bagi seorang muslim, bulan Ramadan merupakan momen yang sangat dinantikan. Bulan berkah yang bisa membuat manusia kembali fitrah dengan berpuasa sehari penuh dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Namun bagaimana jadinya bila non muslim ikut berpuasa di bulan Ramadan? Sejumlah Youtuber misalnya mencoba belajar berpuasa. Sebut saja Jang Hansol, Leonardo Edwin, dan Sunny Dahye.

Dalam sesi Kultum Pemuda Tersesat di YouTube Majelis Lucu, Dai muda Habib Husein Ja'far Al Hadar mengatakan, di dalam Al-quran itu dijelaskan dalam Surat An-Nur Ayat 39 bahwa orang non muslim yang menjalani ibadah seperti orang muslim, ibarat fatamorgana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi untuk non muslim yang ikut puasa

Kendati demikian, Habib Husein menilai orang non muslim yang mengikuti muslim berpuasa bukan berarti tidak ada manfaat atau kebaikan di dalamnya. Ia sendiri sangat mengapresiasi non muslim yang ikut berpuasa karena beberapa alasan.

"Pertama, puasa itu menyehatkan, jadi dia akan mendapat kebaikan itu juga. Karena kesehatan itu bukan privilage umat Islam saja. Kedua, ikut merayakan kegembiraan orang muslim sehingga terajut hubungan yang lebih baik dengan orang Islam," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.