Sukses

Resep Manisan Kolang-Kaling Beserta Tipsnya agar Tidak Asam

Berikut resep membuat manisan kolang-kaling yang gampang dipraktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Kolang-kaling memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Selain itu, manisan kolang-kaling juga cukup favorit sebagai hidangan berbuka puasa ataupun Lebaran.

Jika kamu penggemar kolang-kaling, mari buat manisan kolang-kaling. Cara membuatnya juga cukup mudah, kok.

Bahan-bahan:

- 1 kg kolang kaling putih

- 200 gr gula pasir/secukupnya

- 1 tetes pewarna merah/secukupnya

- 1/2 sdt vanilla essence

- 2 lembar daun jeruk

Cara membuat:

- Cuci bersih dan rebus kolang-kaling hingga mendidih.

- Masukkan pewarna makanan dan daun jeruk. Rebus hingga mendidih.

- Masukkan gula dan vanilla essence, aduk rata hingga gula larut dan kolang-kaling harum. Diamkan sejenak

- Manisan kolang-kaling siap dinikmati selagi hangat atau dibiarkan dingin sebagai campuran es.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips agar Kolang-Kaling Tidak Asam

Tekstur kolang-kaling yang kenyal memang sangat pas diolah untuk campuran berbagai macam es. Khususnya selama bulan Ramadan, kolang-kaling paling banyak dijadikan campuran es dan kolak. Dibuat jadi manisan kolang-kaling pun nikmat.

Cuma kadang kita menemukan keulitan mengolah kolang-kaling yang rasanya asam atau kecut. Aneka menu yang kita buat pun jadi kurang sempurna bila kolang-kaling yang kita pakai memiliki rasa yang asam. Agar kolang-kaling tidak asam, ada tips yang bisa dicoba. Selengkapnya bisa disimak di sini.

1. Dicuci dengan Air Mengalir Berkali-kali

Salah satu penyebab kolang-kaling memiliki rasa asam adalah karena air rendamannya yang sudah terlalu lama. Untuk itu, penting untuk membuang air rendamannya lalu cuci bersih dengan air mengalir. Proses pencucian ini mungkin perlu diulang beberapa kali agar lendirnya hilang. Setelah benar-benar bersih, kolang-kaling bisa ditiriskan dan siap untuk diolah.

2. Rebus Kolang-Kaling dengan Air Gula

Sebenarnya kita bisa mencoba menghilangkan rasa asam dan lendir kolang-kaling dengan direbus pakai air biasa. Tapi jika belum berhasil juga, kita bisa merebusnya dengan air gula. Hasilnya nanti selain rasa asamnya hilang, kolang-kaling akan memiliki cita rasa yang lebih legit. Sehingga ketika akan diolah lebih lanjut, kita tak perlu memakai terlalu banyak gula lagi.

3. Direndam dengan air tajin

Tips yang satu ini juga dipercaya bisa menghilangkan bau asam dan lendir kolang-kaling. Kita bisa merendam kolang-kaling dalam air bekas cucian beras selama sekitar 30 menit hingga satu jam (tergantung dari banyaknya lendir dan tingkat keasaman kolang-kaling). Bila sudah muncul gelembung-gelembung keruh di permukaan air beras, kita bisa mencuci bersih kolang-kaling.

4. Direbus dengan Daun Jeruk

Daun-daun dengan aroma yang kuat, seperti daun jeruk bisa digunakan untuk menghilangkan rasa asam kolang-kaling. Selain daun jeruk, kita juga bisa menggunakan daun pandan. Dengan daun-daun aromatik ini, kolang-kaling yang direbus dapat memiliki aroma yang lebih harum dan tidak lagi terasa asam.

Itu tadi sejumlah tips untuk menghilangkan rasa asam dan lendir kolang-kaling. Semoga infonya bermanfaat ya.

 

Sumber : Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini