Sukses

Arab Saudi Lockdown Corona, Air Zamzam Kini Didistribusikan di Toko dan Online

Air suci Zamzam saat ini didistribusikan di seluruh Arab Saudi melalui toko-toko. Hal tersebut terjadi akibat lockdown Corona COVID-19 yang membatasi gerak warga.

Liputan6.com, Riyadh - Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mengumumkan bahwa air Zamzam akan didistribusikan melalui outlet komersial di seluruh Arab Saudi. Ini untuk memenuhi permintaan tinggi di tengah akses terbatas karena lockdown akibat Virus Corona COVID-19.

Mengutip Al Arabiya, Selasa (12/5/2020), botol air Zamzam standar lima liter akan tersedia di gerai Othaim Markets dan LuLu Group, setelah National Water Company (NWC) -- operator utama King Abdullah Zamzam Water Project di Makkah-- merampungkan perjanjian distribusi dengan kedua perusahaan.

Peluncuran bertahap botol air Zamzam di gerai ritel akan dimulai pada akhir minggu ini. Dan perusahaan-perusahaan diharuskan untuk menerapkan tindakan pencegahan kesehatan yang ketat.

CEO NWC mengatakan platform elektronik akan diumumkan pekan depan, di mana orang dapat memesan air Zamzam secara online.

The King Abdullah Zamzam Water Project sebelumnya telah menutup semua outlet yang berwenang untuk menjual air Zamzam sampai pemberitahuan lebih lanjut, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menahan penyebaran Virus Corona jenis baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Air Zamzam

Menurut sejarah Islam, Zamzam adalah sumber air yang dihasilkan secara ajaib dari Allah. Muncul ribuan tahun lalu ketika bayi Ismail, putra Ibrahim, ditinggalkan bersama ibunya Hajar di padang pasir.

Setelah mati-matian mencari air untuk memuaskan dahaga mereka, Allah secara ajaib membuat mata air keluar dari tanah, dan tetap ada sampai hari ini.

Sumur Zamzam di Makkah berjarak 21 meter dari Ka'bah Suci dan lubang sumur berada di bawah Mataf (daerah peredaran di sekitar Ka'bah) dekat Black Stone (Batu Hitam).

Air mengalir dari dua sisi: Sisi Ka'bah dan sisi Gunung Abu Kubais dan Al-Safa. Antara 11 dan 18 liter dipompa setiap detik dan air mengendap pada kedalaman 31 meter.

Air Zamzam ditawarkan di dua Masjid Suci melalui puluhan ribu wadah yang didinginkan dan disterilkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini