Sukses

8 Manfaat Bayam untuk Kesehatan Saat Puasa, Konsumsi Secara Rutin

Manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa sangatlah besar. Sebagai salah satu sayuran hijau dengan nutrisi yang melimpah, mengonsumsi bayam dapat membuat ibadah puasa berjalan dengan lancar.  Bayam dapat menjaga tubuh senantiasa terhindar dari penyakit saat puasa.

Kamu dapat mengonsumsi bayam dalam keadaan mentah, dijadikan jus, ataupun dimasak sesuai selera seperti ditumis, direbus, atau dicampurkan dengan salad yang tentunya akan sangat lezat bila dikonsumsi untuk sahur ataupun berbuka. Pengolahannya pun juga tidak membutuhkan waktu lama.

Manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Apalagi mengonsumsi sayuran sebagai makanan sehat dapat menunjang aktivitas selama bulan Ramadan dan membuat kamu bisa beribadah dengan lancar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020) tentang manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kenyang Lebih Lama dan Menjaga Stamina Tubuh

Membantu Tubuh Kenyang Lebih Lama

Manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa yang pertama adalah untuk membantuk tubuh kenyang lebih lama. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat dalam bayam yang melimpah. Satu cangkir bayam mengandung tiga persen dari nilai serat harian yang direkomendasikan. Tentu sangat pas jika kamu mengonsumsi semangkuk salad bayam disaat sahur.

Dalam 100 gram bayam mengandung 2,2 gram serat. Maka dari itu, bayam akan membuat perut tetap kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Serat dapat memperlambat pencernaan makanan. Tubuh tidak dapat mencerna serat seperti mencerna molekul lain.

Menjaga Stamina Tubuh

Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang melimpah sangat penting di bulan Ramadan ini, salah satunya adalah bayam. Manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lemas.

Bayam bisa jadi pilihan untuk sahur ataupun berbuka supaya kamu bisa beraktivitas dengan baik selama berpuasa. Kandungan vitamin, mineral, dan seratnya akan membuat tubuh senantiasa terasa bugar dan tidak mudah lelah selama puasa. Kekayaan nutrisinya juga bisa menjaga stamina tubuh dengan baik.

3 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Diabetes

Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian membuktikan, mengonsumsi bayam setiap hari sangat bagus untuk kesehatan jantung. Glikolipid yang terkandung pada bayam dapat membantu tubuh membuat nitric oksida, vasodilator alami. Nitrit oksida dalam bayam juga berarti kamu akan mengalami penurunan risiko terkena aterosklerosis.

Mencegah Diabetes

Saat berbuka puasa, biasanya sering kali kamu mengonsumsi makanan manis yang berlebih. Magnesium yang terkandung dalam bayam dapat menjaga gula darah tetap teratur sehingga dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Penting untuk memastikan tubuh mendapatkan magnesium yang cukup. Satu cangkir bayam mengandung enam persen dari nilai harian magnesium kamu.

4 dari 5 halaman

Menghidrasi Tubuh dan Menurunkan Berat Badan

Bantu Menghidrasi Tubuh

Tubuh kerap kali mengalami masalah kekurangan cairan saat puasa. Hal ini biasanya akan menimbulkan berbagai masalah seperti cepat merasa haus, bibir pecah-pecah, hingga sariawan. Manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa bisa mengatasi masalah ini.

Menurut penelitian terkait Kandungan Zat Gizi Daun Bayam oleh Universitas Diponegoro pada tahun 2016, dalam 100 gram bayam terkandung mineral (kalium) sebesar 558 miligram. Mineral ini dapat menghidrasi tubuh sehingga bisa membantu melengkapi kekurangan cairan selama puasa. Jadi, kamu bisa menambahkan bayam dalam menu sahur untuk kelancaran puasa.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa juga sangat baik untuk mengontrol berat badan. Dengan menambahkan bayam ke dalam menu sahur maupun berbuka, kamu tak perlu takut gemuk. Hal ini karena sayuran bayam ini rendah kalori.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat dalam 250 gram bayam hanya mengandung tujuh kalori saja. Maka dari itu, bayam bagus untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan selama puasa.

5 dari 5 halaman

Menyehatkan Otak dan Menjaga Kesehatan Kulit

Menyehatkan Otak

Manfaat bayam untuk kesehatan saat puasa berikutnya adalah untuk menyahatkan otak. Selama puasa konsentrasi sering hilang karena kurangnya nutrisi ke otak. Hal ini bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi bayam.

Hal ini terkait dengan kandungan mineral pada bayam seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan antioksidannya dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.  

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit disaat berpuasa sangatlah penting. Bayam mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit. Bukan hanya mengandung antioksidan, tetapi bayam juga mengandung vitamin E dan C.

Vitamin E berfungsi sebagai pelindung kulit terhadap kerusakan UV. Sedangkan Vitamin C, membantu kolagen bekerja dan menjaga kulit agar tetap awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.