Sukses

4 Manfaat Konsumsi Kedelai Muda saat Sahur, Puasa Jadi Lancar

Manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur berkaitan dengan kandungan nutrisinya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat konsumsi kedelai Muda saat sahur sebagai makanan kaya gizi sangat penting untuk puasa. Apalagi, selain memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, kedelai muda utuh atau edamame memiliki rasa yang khas dan membuat orang ketagihan. 

Penyajian kedelai muda ini juga mudah, yaitu cukup direbus saja, tanpa atau dengan menambahkan sedikit garam, atau bisa juga dalam bentuk sup. Hindari mengolah kedelai dengan digoreng karena akan menambahkan kadar lemak yang tidak perlu dalam makanan sahur kamu. 

Manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur berkaitan dengan kandungan nutrisinya. Kedelai memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap sebagai bahan pangan nabati. Dalam 100 gram kedelai terkandung sekitar 20.2 g protein dan 1.6 serat, ditambah dengan vitamin mineral dan juga lemak baik. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/5/2020) tentang manfaat konsumsi kedelai saat sahur

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Membantu Kenyang Lebih Lama

Salah satu manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur yang paling baik tentunya adalah membantu kenyang lebih lama. Hal ini sangat berguna saat menjalankan ibadah puasa. Dalam 155 gram kacang kedelai yang direbus terdapat sekitar 18,5 gram protein. Protein pada kedelai ini juga mirip dengan protein hewani karena mengandung sembilan jenis asam amino esensial. 

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein dan serat dapat membantu tubuh kenyang lebih lama, sehingga akan membantu kamu dalam menjalani puasa setiap harinya. Manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur ini semakin baik karena lambat menaikkan gula darah. Hal ini membuat kedelai juga dapat bantu menggunakan energi harian secara lebih baik selama berpuasa di bulan Ramadan.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Energi dan Mencegah Anemia

Manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur berikutnya adalah meningkatkan energi. Hal ini juga sangat berkaitan dengan ketahanan saat menjalani aktivitas saat berpuasa di bulan Ramadan. Apalagi, pada sebagian orang, berpuasa dapat menyebabkan gula darah rendah, sehingga timbul gejala pusing.

Dalam menjalani hari-hari, kamu membutuhkan energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan berkegiatan. Kamu juga membutuhkan zat besi yang cukup agar organ tubuh bisa bekerja dengan optimal. Kedelai merupakan sumber zat besi nabati yang baik untuk tubuh. Konsumsi kedelai juga dapat mengurangi risiko anemia selama puasa.

Zat besi membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang baru dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui hemoglobin. Dengan begitu, tubuh tidak kekurangan oksigen dan membuat kamu semangat dalam berkegiatan selama puasa di bulan Ramadan.

4 dari 5 halaman

Menjaga Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur berikutnya adalah untuk menjaga kolesterol dalam tubuh. Namun, kamu harus memperhatikan pengolahan. Lebih baik olah kedelai dengan cara direbus atau dipanggang. Jangan mengolah kedelai dengan menggorengnya, apalagi digoreng dengan banyak minyak, hal ini dapat meningkatkan kadar lemak dan berdampak pada pelonjakan kolesterol tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi 50 gram protein kacang kedelai per hari dapat menurunkan level kolesterol total sebanyak 3%. Dalam studi tersebut juga dikatakan bahwa protein, lemak tak jenuh ganda, serat, vitamin, dan mineral pada kedelai dapat mendukung kesehatan kardiovaskular, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

5 dari 5 halaman

Indeks Glikemik Rendah

Manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur berikutnya adalah karena indeks glikemik yang rendah. Mengonsumsi kedelai saat sahur lambat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Kacang kedelai mengandung asam lemak tunggal yang dapat mengurangi kadar kolesterol.

Konsumsi asupan ini tidak melonjakkan kadar gula darah. Perannya lebih kepada membantu kestabilan gula darah. Kedelai ini baik dikonsumsi untuk kamu yang memang ingin menjaga kadar gula darah. Ketika gula darah lambat kenaikannya, energi yang kamu gunakan juga lebih stabil. Hal ini tentunya sangat baik saat puasa.

Kandungan asam lemak tunggal dalam kedelai juga membantu para diabetesi atau penyandang diabetes dalam menstabilkan gula darah saat mengonsumsinya. Manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur ini tentu sangat berguna selama bulan puasa.

Kamu bisa menambahkan kedelai menjadi menu sahur, baik diolah dengan cara direbus ataupun dikonsumsi secara praktis dengan snack bar. Hal ini dapat membantu kamu memperoleh manfaat konsumsi kedelai muda saat sahur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini