8 Manfaat Yoga Saat Puasa, Jaga Daya Tahan Tubuh

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 17 Mei 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2020, 17:00 WIB
20151020-Ilustrasi-Yoga
Perbesar
Ilustrasi Yoga (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat yoga saat puasa bisa menjadi aktivitas menyehatkan. Yoga merupakan perpaduan latihan pernapasan, meditasi, dan pose yang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres. Yoga termasuk olahraga menenangkan yang cocok dilakukan selama puasa.

Kamu bisa melakukan yoga secara rutin di sore hari menjelang puasa. Yoga juga bisa dilakukan di pagi hari setelah sahur. Manfaat yoga saat puasa, tak hanya baik untuk mental, namun juga kesehatan secara keseluruhan.

Dengan yoga, tubuh akan terlatih kelenturan dan kekuatannya. Meditasi selama yoga juga dapat menenangkan tubuh dan memengaruhi pernapasan, pencernaan, hingga peredaran darah. Yoga juga termasuk latihan yang tak banyak menguras tenaga. Dengan manfaat yoga, kamu tetap bisa berolahraga dan bergerak selama menjalani puasa di rumah.

Sambil ngabuburit, kamu bisa berlatih yoga sendiri di rumah. Berikut manfaat yoga selama puasa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(11/5/2020).

2 dari 9 halaman

Bantu atur nafsu makan

diet makan sehat sayur buah
Perbesar
ilustrasi diet/copyright by Beboopai (Shutterstock)

Yoga dapat digunakan untuk mendorong perilaku makan sehat. Selama puasa, pola makan bisa berubah karena harus menahan makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Ini pada sejumlah orang bisa menimbulkan kebiasaan makan berlebihan yang tidak baik.

Manfaat yoga saat puasa dapat membantu penurunan risiko makan berlebihan, peningkatan aktivitas fisik dan sedikit penurunan berat badan. Saat berlatih yoga, kemampuan intuitif tubuh dan otak akan terlatih.

Dengan yoga seseorang bisa makan dengan penuh perhatian atau mindful eating. Cara makan ini memperhatikan rasa, bau, dan tekstur makanan. Saat makan kamu akan bisa memperhatikan setiap pikiran, perasaan, atau sensasi yang dialami saat makan. Dengan begitu, rasa kenyang akan cepat terpenuhi tanpa harus makan berlebihan.

3 dari 9 halaman

Hilangkan stres dan kecemasan

Ilustrasi stres
Perbesar
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Francisco Moreno.

Manfaat yoga yang paling terkenal adalah untuk kesehatan mental. Yoga dikenal karena kemampuannya untuk meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Yoga juga bisa menjadi cara untuk menurunkan tingkat kecemasan.

Kondisi saat ini yang mengharuskan untuk tetap tinggal di rumah terkadang bisa menimbulkan stres dan kecemasan. Untuk mengatasi masalah ini yoga adalah solusi yang tepat. Meditasi, latihan pernapasan, dan gerakan sederhana dapat membantu menurunkan tingkat stres dan cemas selama berpuasa.

4 dari 9 halaman

Dukung kekebalan tubuh

Ilustrasi bahagia - stres (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi bahagia - stres (iStockphoto)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat mengurangi peradangan. Efek ini dapat memengaruhi kekebalan tubuh. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan orang yang berlatih yoga secara teratur memiliki tingkat penanda peradangan yang lebih rendah.

Gerakan yoga membantu sistem limfatik melawan infeksi, menghancurkan sel kanker, dan membuang produk limbah beracun yang aktif dalam sel. Melakukan yoga saat puasa dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi berbahaya.

5 dari 9 halaman

Sehatkan jantung

jantung-kezo
Perbesar
jantung/pexels

Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Yoga membantu melancarkan pemompaan darah ke seluruh tubuh untuk memasok jaringan dengan nutrisi penting.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa menggabungkan yoga ke dalam gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung. Yoga membuat darah mengalir dengan lancar. Lebih khusus lagi, latihan relaksasi yang dipelajari dalam yoga dapat membantu sirkulasi, terutama di tangan dan kaki berjalan lancar.

6 dari 9 halaman

Bantu hilangkan nyeri dan rasa sakit

yoga-kezo
Perbesar
ilustrasi yoga/unsplash/zenbear

Berlatih yoga juga dapat membantu mengurangi banyak jenis rasa sakit kronis. Yoga ditemukan lebih efektif dalam mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekuatan cengkeraman daripada belat pergelangan tangan.

Yoga dapat meringankan rasa sakit seperti artritis, sakit punggung, fibromyalgia, sindrom carpal tunnel, dan kondisi kronis lainnya. Ketika melakukan yoga secara rutin, kamu mungkin memperhatikan bahwa rasa sakit dan nyeri mulai menghilang.

7 dari 9 halaman

Tingkatkan kualitas tidur

wudu sebelum tidur
Perbesar
Ilustrasi tidur./Copyright shutterstock.com/g/feelinglucky

Saat puasa, pola tidur bisa berubah dan mengganggu kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk telah dikaitkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan depresi. Studi menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam rutinitas dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Yoga juga memiliki efek signifikan pada kecemasan, depresi, nyeri kronis, dan stres yang semuanya memengaruhi kualitas tidur.

Yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur tidur dan bangun. Melakukan yoga di sore hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, membuat tidur lebih nyenyak dan sehat.

8 dari 9 halaman

Sehatkan pernapasan

Yoga
Perbesar
Ilustrasi yoga/copyright shutterstock

Sebagian besar jenis yoga menggabungkan latihan pernapasan. Ini membuat berlatih yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan. Penelitian menunjukkan yoga dapat meningkatkan kapasitas vital.

Kapasitas vital adalah ukuran jumlah udara maksimum yang dapat dikeluarkan dari paru-paru. Ini sangat penting bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru, masalah jantung dan asma.

9 dari 9 halaman

Bantu atasi migrain

cegah migrain
Perbesar
migrain./Copyright shutterstock.com/g/leungchopan

Yoga bisa menjadi terapi tambahan yang berguna untuk membantu mengurangi frekuensi migrain. Sakit kepala atau migrain bisa terjadi saat berpuasa. Ini bisa disebabkan oleh dehidrasi dan kekurangan energi.

Berlatih yoga dapat membantu menstimulasi saraf vagus yang telah terbukti efektif dalam meredakan migrain. Ketika sakit kepala menyerang saat puasa, kamu bisa berlatih yoga untuk meringankannya.

Lanjutkan Membaca ↓