Resep Kastengel Renyah untuk Lebaran, Gampang dan Enak

Oleh Fadjriah Nurdiarsih pada 12 Mei 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2020, 11:00 WIB
Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Lebaran sebentar lagi! Kamu pasti sedang sibuk mencari-cari resep kue yang populer muncul saat Lebaran. Meski tengah pandemi Covid-19, tak lengkap rasanya jika tak menikmati kue khas Lebaran di hari raya.

Selain nastar, kastengel adalah kue yang banyak dijumpai saat Lebaran. Kue kering berbahan dasar keju, tepung terigu, dan telur ini berasal dari Belanda.

Kastengel sejak zaman dulu dihidangkan sebagai sajian istimewa. Bahan dasarnya keju membuat kue kering ini hanya dapat dinikmati oleh kalangan terbatas.

Seperti dikutip dari Merdeka.com, kastengel bernama asli kaasstengels yang berasal dari kata kaas (keju) dan stengels (batangan). Jadi, secara etimologi kastengel berarti kue keju batangan. Berikut cara membuat kue kastengel khas Lebaran yang enak, gurih, dan renyah:

2 dari 3 halaman

Resep Kastengel

Ilustrasi kastengel.
Perbesar
(Sumber Merdeka.com)

Bahan-bahan:

- 300 gr mentega

- 350 gr terigu protein sedang

- 50 gr maizena

- 2 sdm susu bubuk

- 100 gr keju edam parut

- 100 gr keju parmesan parut

Olesan:

Kuning telur, kocok lepas

Taburan:

Keju cheddar parut

Cara membuat kue kastengel full keju:

- Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.

- Kocok mentega sebentar saja hingga lunak.

- Masukkan keju edam dan parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.

- Masukkan campuran terigu, aduk rata dengan sendok kayu sampai rata dan adonan sudah bisa dibentuk.

- Gilas tipis adonan lalu cetak sesuai selera. Tata dalam loyang tanpa dioles margarin. Oles dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut.

- Panggang dalam oven 125 derajat Celcius. Tunggu sampai matang (berwarna kuning kecoklatan/golden brown).

- Angkat dan dinginkan.

- Simpan dalam toples kedap udara.

3 dari 3 halaman

Tips Membuat Kastengel yang Renyah

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

- Yang pertama coba pakai tepung protein rendah untuk membuat kastengel yang renyah. Tepung ini rendah gluten sehingga kastengel akan terasa lebih kriuk ketika matang. Jangan lupa untuk mengayak tepung sampai lembut agar mudah tercampur dan tekstur kue lebih ringan.

- Selanjutnya, pakai mentega dan margarin untuk tekstur yang sempurna. Beberapa bahkan memakai butter kualitas terbaik, karena akan menghasilkan kue yang sangat lezat dan gurih. Untuk perbandingan mentega dan margarinnya adalah 1:2.

- Kunci dari kastengel adalah keju. Pilih keju dengan aroma yang kuar dan berumur cukup tua. Untuk isian biasanya menggunakan gouda dan parmesan. Untuk taburan, gunakan keju cheddar. Nah, ada satu trik yang ampuh dan dijamin bikin kastengelmu super renyah. Sebelum memasukkan keju dalam adonan, ada baiknya untuk mendinginkan keju dulu dalam kulkas selama beberapa saat.

- Saat mencampurkan adonan basah dan kering, aduklah hingga semua bahan tercampur rata dan punya tekstur agak padat yang siap dicetak. Hindari mengaduk terlalu lama karena akan membuat kastengel jadi keras. Pakai spatula untuk mengaduk dan sebaiknya hindari menggunakan tangan langsung karena panas tangan bisa melelehkan mentega dalam adonan.

Nah, semoga tips ini bermanfaat untukmu ya. Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓