Sukses

Quraish Shihab: Isilah Waktu dengan Beramal Saleh dan Memberi Wasiat Kebenaran

Menurut Quraish Shihab, waktu adalah modal manusia yang paling mahal.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda setiap matahari terbit ada malaikat yang berucap atas nama waktu? Dia berkata, "Aku waktu. Aku datang. Tetapi ketahuilah bahwa aku tidak akan kembali lagi."

Lantas, apakah itu waktu?

Menurut Quraish Shihab, waktu adalah modal manusia yang paling mahal. Pada saat seseorang luput mendapatkan harta, maka keesokan harinya harta itu bisa didapatkannya kembali.

"Begitu juga dengan ilmu. Jika hari ini tidak mendapatkan, maka esok atau lusa, kita bisa mendapatkannya kembali," kata Quraish Shihab.

Salah satu surat yang perlu diperhatikan oleh setiap muslim, menurut Quraish Shihab adalah Surat Al Ashr, yaitu demi waktu.

Di sana dijelaskan, seandainya jika tidak ada wahyu ilahi yang turun kecuali Surat Al Ashr, maka itu dinilai sudah cukup sebagai pedoman untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

 Demi waktu, semua manusia berada di dalam kerugian, kecuali mereka yang beriman. Ada banyak hal yang perlu diimani, lanjut cendikiawan muslim ini. Salah satunya adalah beramal saleh. Namun, dengan syarat harus bermanfaat. 

Selanjutnya saling memberi wasiat tentang kebenaran, karena mencari yang benar menghasilkan ilmu. Dalam Islam, lanjut Quraish Shihab, tidak hanya ada kewajiban belajar, namun juga mengajar.

"Untuk itu isilah waktu kita dengan saling pesan memesan menyangkut kesabaran," ujar Quraish Shihab. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.