Sukses

Quraish Shihab: Jangan Pernah Berharap Banyak, tapi Siapkan Ruang di Hati untuk Kecewa

Quraish Shihab mengatakan, persembahkanlah kepada orang lain, lebih baik dari pada kebaikan yang dinantikannya, karena kehidupan adalah persembahan.

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab menjelaskan bahwa akal tidak diukur dari usia seseorang. Contohnya, mereka yang muda, namun sudah dikagumi oleh banyak orang.

Maka dari itu, lanjut Quraish Shihab, persembahkanlah kepada orang lain, lebih baik dari pada kebaikan yang dinantikannya, karena kehidupan adalah persembahan.

"Jangan pernah mengharapkan banyak dari orang lain, tapi siapkan ruang di hati kita untuk kecewa," ucap cendikiawan muslim ini. 

Terimalah segalanya sambil bersyukur kepada Allah, karena masih banyak anugerah-Nya yang sering manusia lupakan.

"Kita tidak mampu mengubah sifat orang lain. Tapi kita mampu dengan tekad yang kuat dan lewat pertolongan Allah, mengubah reaksi kita setiap harinya agar dapat dilalui dengan tenang dan damai," ucap Quraish Shihab di akhir renungannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.