Sukses

Perhatikan Enam Hal Ini Sebelum Beli Motor Sport Bekas

Bagi sebagian orang, memiliki motor sport adalah sebuah impian. Tampilan yang sporty, performa aduhai, dan yang pasti harganya lebih mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, memiliki motor sport adalah sebuah impian. Tampilan yang sporty, performa aduhai, dan yang pasti harganya lebih mahal.

Sayangnya tidak semua orang mampu membeli unit barunya. Alhasil motor sport berstatus bekas jadi pilihan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus selalu diwaspadai saat membeli motor sport bekas.

Sedikitnya ada enam bagian pada motor sport seken yang mesti Anda cek. Berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil:

Hal pertama ialah mengecek bagian mesin. Menjadi hal yang penting, Anda sebaiknya melihat apakah terdapat rembesan oli.

Jika terdapat rembesan oli dari blok mesin, berarti karet sil pada kendaraan sudah tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, lihat apakah ada komponen retak atau pecah, saat terjadi rembesan.

Untuk mengetahui mesin masih bagus atau tidak, Anda bisa menghidupkan motor dan mendengarkan apakah terdapat bunyi aneh.

Jika terdapat suara mesin yang aneh di sekitar head silinder, bisa karena setelah klep yang mulai renggang atau rantai keteng yang sudah mulai kendur.

Namun, jika bunyi mesin berada di bagian tengah mesin, kemungkinan bearing kruk as sudah renggang atau stang piston sudah mulai rusak.

Hal lain yang harus di cek adalah spidometer. Lihat STNK dan hitung jarak tempuh yang tertera. Jika motor sudah berusia lebih dari 3 tahun tapi jarak tempuh hanya puluhan ribu, Anda patut curiga.

Jika motor benar-benar motor sehat, biasanya panel meter, lampu-lampu indikator, petunjuk bbm, dan penghitung jarak tempuh masih berfungsi dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lainnya

Langkah ketiga adalah mengecek kelistrikan motor. Jika kelistrikan tidak bagus, Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perbaikan.

Cek semua sistem mulai dari lampu-lampu baik lempu belakang, lampu depan serta lampu sein.

Keempat lakukan test ride, hal ini sangat penting agar Anda benar-benar mengetahui kualitas motor sport bekas yang akan dibeli.

Dengan test ride Anda bisa melakukan perpindahan gigi dan menarik kopling. Rasakan apakah ada yang salah dengan kendaraan.

Kelima, cek bagian kaki-kakinya. Kendaraai motor dengan melewati jalan rusak dan melibas polisi tidur. Rasakan apakah shockbreaker masih dapat meredam guncangan dengan normal.

Terakhir, periksa tangki bahan bakar karena motor dengan umur di atas 5 tahun akan mendapatkan karat di bagian tangki. Lihat juga kondisi bahan bakar yang terdapat pada tangki.

Jika bensin terlihat keruh, ini bisa menjadi indikasi kalau motor sudah lama tidak digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini