10 Manfaat Minum Air Madu Hangat saat Berbuka, Tingkatkan Kekebalan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 16 Mei 2020, 11:30 WIB
Diperbarui 16 Mei 2020, 11:30 WIB
madu-kezo

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum air madu hangat saat berbuka baik untuk kesehatan. Madu telah lama digunakan dalam beragam campuran makanan dan minuman. Rasanya yang manis dapat menjadi pilihan tepat pengganti gula.

Saat berbuka puasa, minum segelas air madu hangat bisa terasa menenangkan di tubuh. Madu mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat minum air madu hangat saat berbuka tak hanya nikmat tapi juga bisa menjaga kesehatan selama berpuasa.

Alih-alih minum es atau minuman manis lainnya, minum air madu hangat dapat mengembalikan energi dan cairan yang hilang dengan cepat. Berikut 10 manfaat minum air madu hangat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (10/5/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat minum air madu hangat

minum madu
Minum air madu saat sahur atau berbuka puasa./Copyright shutterstock.com/g/DraganaGordic

Menambah energi

Madu mengandung gula alami yang dapat mengembalikan energi yang hilang selama seharian berpuasa. Madu terutama terdiri dari air dan dua gula: fruktosa dan glukosa. Glukosa dalam madu diserap oleh tubuh dengan cepat, memberikan dorongan energi langsung, sementara fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat.

Minum air hangat juga bisa mengembalikan kembali energi. Minum air hangat saat berbuka puasa bisa membantu mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian. Manfaat minum air madu hangat saat berbuka dapat menambah energi dengan cepat dan memberi energi berkelanjutan dalam cara yang sehat.

Kaya antioksidan

Madu alami mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk phytochemical, flavonoid, dan asam askorbat. Antioksidan telah dikaitkan dengan pengurangan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Mereka juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Minum air madu hangat bisa membantu memenuhi kebutuhan antioksidan untuk tubuh.

3 dari 6 halaman

Manfaat minum air madu hangat

Manfaat Kacang Polong
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Bantu sembuhkan batuk

Madu merupakan obat batuk alami yang sudah lama digunakan masyarakat. Madu telah terbukti dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat-obatan bebas yang mengandung dextromethorphan. Minum air madu hangat saat berbuka bisa meringankan tenggorokan bagi yang sedang batuk.

Sifat anti bakteri dan anti virus pada madu juga membantu mencegah dan menyembuhkan infeksi dan peradangan yang menyebabkan batuk. Air hangat yang diminum juga bisa menenangkan tenggorokan dan melegakan batuk.

Sehatkan pencernaan

Minum air hangat saat perut kosong sangat bermanfaat bagi pencernaan. Minum air hangat bisa menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Minum segelas air saat perut kosong juga dapat membantu menghilangkan akumulasi limbah dan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat.

Sementara itu, madu juga dikenal khasiatnya yang baik bagi pencernaan. Madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu juga Madu juga diakui sebagai prebiotik potensial, karena memiliki oligosakarida yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

4 dari 6 halaman

Manfaat minum air madu hangat

Manfaat Melon
Bantu Menurunkan Berat Badan / Sumber: iStockphoto

Tingkatkan kekebalan tubuh

Sifat antioksidan dan antibakteri madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Fitonutrien dalam madu bertanggung jawab atas sifat antioksidannya. Minum air madu hangat tiap berbuka dapat melindungi tubuh dari infeksi dan peradangan.

Bantu penurunan berat badan

Manfaat minum air hangat dengan madu dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat dapat membantu proses pencernaan makanan lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Minum air madu hangat sebelum makan besar dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Minum air madu hangat sebelum tidur juga dapat membantu proses pembakaran lemak yang akhirnya membantu penurunan berat badan.

5 dari 6 halaman

Manfaat minum air madu hangat

ilustrasi Diabetes
ilustrasi Diabetes (sumber: iStockphoto)

Aman untuk diabetes

Orang yang hidup dengan diabetes harus mengontrol dan mengelola asupan karbohidrat dan gula. Madu cenderung aman dikonsumsi penderita diabetes dibanding gula olahan lainnya. Madu murni dapat menjadi alternatif pengganti gula. Konsumsi madu bersama air hangat saat berbuka aman bagi penderita diabetes.

Bantu turunkan tekanan darah

Madu dapat membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan antioksidannya. Minum air madu hangat saat berbuka dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko penyakit jantung. Menurut sejumlah studi madu memiliki efek perlindungan terhadap tekanan darah tinggi. Madu juga dinilai menurunkan tekanan darah sistolik.

6 dari 6 halaman

Manfaat minum air madu hangat

[Fimela] tidur nyenyak
ilustrasi tidur nyenyak | unsplash.com/@zohre_nemati

Turunkan kolesterol

Madu dapat membantu mengurangi kolesterol LDL jahat sambil secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL baik dalam darah. Konsumsi madu juag dikaitkan dengan penurunan trigliserida yang lebih rendah. Kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung.

Buat tidur nyenyak

Minum air madu sebelum tidur atau saat berbuka juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Madu melepaskan serotonin, neurotransmitter yang meningkatkan mood. Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur panjang dan kualitas tidur. Minum air madu hangat bisa meningkatkan kualitas tidur yang dapat terganggu selama bulan puasa.

Lanjutkan Membaca ↓