Sukses

Quraish Shihab: Percaya Kepada Allah dan Hari Kemudian

Menurut Quraish Shihab, ada hal-hal yang dapat mendekatkan seseorang untuk mempercayai dan membenarkan adanya hari kebangkitan.

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab menjelaskan, ada banyak nama-nama yang menggambarkan hidup setelah kematian, antara lain kebangkitan, hari kemudian, dan hari akhirat.  

"Kematian bukanlah akhir dari perjalanan manusia, tapi kematian adalah perpindahan dari satu alam ke alam lainnya," kata Quraish Shihab. 

Dia juga mengatakan, selain agama Islam ada juga agama-agama yang sangat menekankan tentang hari kebangkitan. 

"Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam sering kali menggambarkan seluruh kepercayaan yang diajarkan oleh agama Islam dengan dua kata. Percaya kepada Allah dan hari kemudian," ungkap Quraish Shihab.

Untuk membuktikan secara akal adanya hari kebangkitan memang tidak mudah. Karena tidak ada orang mati yang bisa hidup kembali untuk menjelaskan bahwa memang ada kebangkitan.

Menurut Quraish Shihab, ada hal-hal yang dapat mendekatkan seseorang untuk mempercayai dan membenarkan adanya hari kebangkitan. Antara lain, menyadari bahwa dalam hidup ini semua ada pasangannya. Seperti adanya siang dan malam, jelas dan tersembunyi.

"Jika demikian, bila ada dunia, maka pasangannya adalah akhirat. Dari sini akal menyatakan bahwa kebangkitan pasti ada," ujar mantan menteri agama ini. 

Jadi, untuk apa ada hari kebangkitan? Jawabannya adalah untuk menegakkan keadilan yang sempurna. 

 

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.