6 Menu Pilihan Saat Kesiangan Bangun Sahur

Oleh Benedikta Desideria pada 09 Mei 2020, 03:30 WIB
Diperbarui 09 Mei 2020, 03:30 WIB
Resep Makanan Sederhana
Perbesar
Resep Makanan Sederhana dari Telur orak-arik (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kelelahan atau tidur terlalu larut kerap membuat seseorang telat bangun untuk sahur. Ketika jam sudah menunjukkan dekat waktu Imsak, melewatkan makan sahur atau hanya menenggak air putih dianggap pilihan termudah. Padahal, menurut sunnah, ada keberkahan dalam makan sahur. 

Jika waktu sahur sudah mepet sekitar belasan menit pilih makanan praktis tapi kaya gizi seperti disampaikan ahli gizi Seala Septiani.

Makanan yang disantap saat mepet Imsak tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta serat. Misalnya makan sahur praktis dengan roti, susu, dan buah.

"Enggak perlu banyak porsinya, pastikan mengandung nutrisi itu sudah cukup," kata Seala ditemui beberapa waktu lalu.

Jika waktu menunjukkan 5 menit lagi Imsak, selain minum air putih, berikut beberapa sajian yang bisa disantap rekomendasi Have Halal Will Travel.

 

2 dari 4 halaman

Kurma

Ilustrasi Kurma
Perbesar
Ilustrasi Kurma (iStockphoto)​

1. Kurma

Tak hanya untuk menu awal berbuka, bagi yang mepet makan saat sahur kurma bisa jadi pilihan. Pastikan stok kurma ada di meja makan atau tempat yang mudah dijangkau. Jika masih ada waktu campur kurma ke dalam yoghurt agar tetap berenergi hingga berbuka.

2. Yogurt

Dua bahan ini bila dicampur akan menjadi sajian yang kaya protein juga serat, vitamin, dan mineral. Tak butuh waktu lama juga untuk membuatnya. Pastikan punya stok dua bahan ini di bulan Ramadan.

3 dari 4 halaman

Oatmeal Instan

ilustrasi oatmeal
Perbesar
ilustrasi oatmeal (sumber: iStockphoto)

3. Oatmeal Instan

Ini juga perlu ada saat bulan Ramadan manakala terbangun mepet dengan waktu Imsak. Selain mengandung serat yang membuat kenyang lebih lama, ada beberapa vitamin dan mineral di dalamnya.

4. Roti lapis selai kacang dan pisang

Ambil setangkup roti lalu segera oles selai kacang. Masih ada waktu? Tambahkan potongan pisang di atasnya.

4 dari 4 halaman

Pisang

Manfaat pisang untuk kecantikan
Perbesar
Berikut manfaat pisang dan alpukat untuk kecantikan kulit, khususnya kulit kering yang belum diketahui. (Foto: iStockphoto)

5. Telur orak-arik

Jika waktu lebih dari 5 menit, buat telur orak-arik. Cukup dua menit untuk membuat telur orak-arik. Lalu, letakkan telur tersebut ke atas roti atau makan bersama nasi.

6. Pisang

Ini menu paling praktis saat waktu sahur sudah hampir habis. Selain kaya serat, buah berdaging putih kekuningan ini juga sumber karbohidrat yang membuat tubuh berenergi hingga nanti bedug Maghrib.

Lanjutkan Membaca ↓