Sukses

Cerita Ramadan Dosen Pengajar Bahasa Indonesia di Amerika Serikat

Menurut Kunto, pandemi yang terjadi pada bulan Ramadan ini cukup menantang. Bulan Ramadan yang biasa ia lakukan bersama keluarga dan teman terdekat kini terasa berbeda.

Liputan6.com, Cambridge - Ramadan yang selama ini dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman, kini terasa beda bagi Kunto Nurcahyoko. Terlebih di masa pandemi yang tengah mewabah.

Ia adalah seorang dosen yang kini tengah mengajar Bahasa Indonesia di Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat.

Ia tergabung dalam program Fulbright Badan Bahasa di Harvard University. Selama pandemi Corona COVID-19, kelas bahasa yang diajarkan oleh Kunto dilakukan secara online.

Menurut Kunto, pandemi yang terjadi pada bulan Ramadan ini cukup menantang. Bulan Ramadan yang biasa ia lakukan bersama keluarga dan teman terdekat kini terasa berbeda.

"Selain merayakannya di Amerika Serikat, ibadan bulan puasa ini juga tak boleh dilakukan secara bersama-sama. Jadi saya melakukannya secara sendirian," jelas Kunto dalam sebuah tayangan video yang Liputan6.com muat Jumat (8/5/2020).

"Kegiatan saat Ramadan saya bangun sahur. Saya makan sendiri untuk buka puasa dan juga untuk sahur. Salat subuh dan melakukan olahraga kecil di sekitar rumah."

Kunto Nurcahyoko bercerita tentang kehidupannya di Massachusetts, Amerika Serikat selama pandemi Corona COVID-19 yang bertepatan dengan bulan Ramadan (Istimewa)

Meski demikian, ia juga tak melupakan kewajibannya yaitu mengajar untuk kelas online di Harvard University.

"Saya beberapa kali melakukan belanja untuk keperluan selama dua minggu sehingga tidak terlalu sering untuk keluar rumah."

Ada cara khusus yang dilakukan oleh dosen Bahasa Indonesia ini dalam mengatasi rasa bosan di tengah pandemi.

"Jika bosan biasanya saya akan menonton film, baca buku dan cover lagu. Namun hal yang penting saya berkomunikasi dengan keluarga dan teman yang ada di Indonesia dan Amerika."

 

Simak Kisahnya dalam Video Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isi Kelas Online

Meski begitu, bertempatan dengan bulan Ramadan ini Kunto mengisi kelas Bahasa Indonesia lewat video online.

Selama pandemi Corona COVID-19, kelas bahasa yang diajarkan oleh Kunto dilakukan secara online.

"Saat ini Harvard sudah melaksanakan kebijakan Work From. Harvard sudah meniadakan kelas tatap muka sampai semester berakhir. Demikian dengan kelas bahasa yang saya ajarkan," ujar Kunto.

"Saya sudah melakukan self quarantine sejak 13 Maret 2020. Pemerintah negara bagian telah Massachusetts telah merilis state emergency. Semua bisnis ditutup kecuali toko untuk berbelanja," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.