Waktu Puasa Ramadan Indonesia Terlama atau Tersingkat? Ini Jawabannya

Oleh Liputan6.com pada 09 Mei 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2020, 13:00 WIB
[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-25, 10 Juni 2018
Perbesar
Sudah hari ke-25 puasa, jangan lupa dengan jadwal sholat dan imsakiyah Ramadan 2018. (Ilustrasi: Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap Ramadan, umat Mulsim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Namun ternyata tidak semua belahan dunia ini memiliki jadwal puasa yang sama.

Mengapa? Hal itu dikarenakan jadwal terbit dan tenggelamnya matahari yang berbeda. 

Tahun lalu, seperti yang dikutip dari Aljazeera, Sabtu (9/5/2010), puasa terpendek, yaitu 11 jam sedangkan puasa terlama adalah 20 jam. Tahun ini jadwal puasa umat Muslim juga tak jauh berbeda, tergantung mereka ada di belahan Bumi yang mana. 

Berikut adalah beberapa negara yang memiliki jadwal puasa terpanjang dan tersingkat:

2 dari 4 halaman

Negara-Negara Nordik Miliki Jadwal Puasa Terpanjang

Hidup Tanpa Lockdown Corona di Swedia
Perbesar
Orang-orang menikmati cuaca hangat di Stockholm, Rabu (22/4/2020). Swedia belum memberlakukan lockdown, seperti mayoritas negara Eropa lainnya, namum pemerintah memberikan tanggung jawab besar kepada penduduknya untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona. (Anders WIKLUND/TT NEWS AGENCY/AFP)

Negara-negara Nordik ini memiliki jadwal puasa terpanjang dibanding bagian Bumi lainnya, mereka memiliki rata-rata puasa setidaknya, 19.5 jam. Pertama-tama puasa terpanjang ada di bagian Nuuk, Greenland, Helsinki, Finlandia dan Oslo, Norwegia negara-negara ini memiliki jadwal puasa 20 jam. 

Diikuti dengan Stockholm, Swedia dan Berlin, Jerman yang memiliki jadwal puasa sepanjang 19 jam. Namun, sebenarnya Jerman tidak termasuk dalam negara Nordik, hanya saja negara Jerman memang bersebelahan dengan negara-negara tersebut, sehingga waktu terbit matahari hampir sama. 

Tak hanya itu negara-negara Eropa lainnya juga memiliki jam puasa yang cukup panjang dengan rata-rata 17-18.5 jam. 

Beberapa negara itu adalah Copenhagen, Denmark, Warsaw, Polandia dan London, Inggris yang memiliki jadwal puasa selama 18.5 jam. 

Diikuti dengan negara seperti Belgia dan Swiss yang memiliki puasa 18 jam dan Romania dan Russia yang memiliki jadwal puasa 17 jam. 

 

 

3 dari 4 halaman

Asia Timur juga Miliki Puasa Terpanjang

Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)
Perbesar
Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)

Beberapa negara di bagian Asia Timur juga memiliki durasi puasa dalam satu hari yang cukup lama. Di antaranya di Korea Utara, Korea Selatan dan Jepang.

Di Korea Utara, Pyongyang, warga Muslim berpuasa sepanjang 16,5 jam. Sedangkan di Jepang lebih singkat 30 menit yakni 16 jam. 

Tak jauh berbeda dengan Korea Selatan yang memiliki jadwal puasa kurang lebih 15 jam, negara-negara yang berada di Timur Tengah seperti Irak, Lebanon, Syria dan Pakistan ini memiliki jadwal puasa selama 1 jam lebih lama yakni 16 jam. 

Ada berbedaan 30 menit dengan negara-negara seperti Mesir, Kuwait, India dan Uni Emirat Arab yang memiliki durasi puasa selama 15,5 jam. 

4 dari 4 halaman

Puasa di Indonesia Ternyata Bukan yang Tersingkat

Bendera Indonesia dan Bendara Malaysia yang berkibar pada 22 April 2009.
Perbesar
Bendera Indonesia dan Bendara Malaysia yang berkibar pada 22 April 2009. (AFP/ADEK BERRY)

Ternyata puasa di Indonesia bukan yang tersingkat, meski dijalankan lebih dari setengah hari.

Setidaknya di Indonesia, umat Muslim menghabiskan waktu untuk berpuasa selama 13 jam, sama dengan negara Kenya. Sedangkan berpuasa di Kota Pretoria di Afrika Selatan mencapai 12 jam, atau pas setengah hari saja. 

Jam puasa terpendek hadir di beberapa tempat seperti Argentina, Selandia Baru, Australia dan Chile mencapai 11,5 jam. Selain itu, di Cape Town, Afrika Selatan orang-orang memiliki jam puasa.

 

Reporter: Yohana Belinda

Lanjutkan Membaca ↓