Sukses

Lima Masalah yang Sering Dialami LCGC

Untuk mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC), setidaknya ada beberapa "penyakit" atau masalah yang sering ditemui.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap produk mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC), setidaknya ada beberapa "penyakit" atau masalah yang sering ditemui.

Berikut uraiannya seperti dikutip dari laman Auto2000:

Pertama, AC mobil kurang dingin. Kalau dirasa kurang dingin, kamu bisa mengecek kembali apakah ada kebocoran freon atau bahkan extra fan yang kurang berputar dengan sempurna.

Selain itu kamu bisa menghindari parkir di bawah terik matahari agar bisa mendinginkan kabin lebih cepat saat AC dihidupkan.

Kedua, suara mesin berubah jadi kasar. Suara mesin mobil yang berubah menjadi kasar sebenarnya tidak hanya terjadi di mobil LCGC saja, namun semua mobil bisa mengalami hal ini.

Penyebab utamanya adalah penggunaan bahan bakar dengan oktan di bawah standar yang ditentukan pabrik. Sebaiknya kamu bisa buka kembali buku panduan kendaraan dan cek berapa oktan yang dianjurkan oleh pabrik untuk mobil kamu.

 

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rem Bunyi hingga Overheat

Ketiga, rem mobil berbunyi dan bergetar. Dalam jangka waktu yang lama, terkadang rem mobil kamu berbunyi dan bergetar saat diinjak, hal ini sering terjadi di mobil LCGC.

Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan menunda untuk memeriksakannya ke bengkel. Bisa saja kampas rem sudah habis atau ada masalah pada cakram rem mobil kamu.

Keempat, mobil sering overheat. Jika mobil kamu sering overheat, tentu akan berbahaya bagi mesinnya karena biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki akan sangat mahal.

Jika sudah pernah mengalami overheat, kamu harus cek apakah fan pendingin mesin berputar normal atau tidak, serta cek juga kondisi radiator apakah airnya masih penuh atau terjadi kebocoran.

Mengganti air radiator secara berkala juga bisa kamu lakukan untuk mencegah overheat, karena air radiator yang gak pernah diganti bisa menimbulkan kerak yang menghambat saluran radiator dan mesin menjadi panas.

 

3 dari 3 halaman

Bergetar

Kelima, mobil bergetar. Jika kamu merasakan mobil LCGC terlalu bergetar saat dipacu dalam RPM tinggi maka itu adalah hal wajar karena kebanyak LCGC menggunakan mesin 3 silinder yang akan bekerja keras jika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Selain itu kamu juga bisa mengecek engine mounting mobil kamu jika sudah terasa getaran yang terlalu keras dan mengganggu.

Kamu juga bisa memasang peredam tambahan di mobil untuk mengurangi efek rasa getaran dan berisik dari luar kabin yang masuk ke dalam.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.