Sukses

Puasa Bikin Belajar di Rumah Enggak Fokus? Ikuti 4 Trik Ini

Banyak orang yang mengaku sulit berkonsentrasi dan fokus saat belajar ketika puasa. Yuk, tangkal dengan empat trik berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang mengaku sulit berkonsentrasi dan fokus saat belajar ketika puasa, terlebih rasa bosan mulai membuncah ketika kita harus di rumah aja selama pandemi Covid-10 melanda.

Sebelum pandemi ini, rasanya mudah untuk fokus di kelas atau pun di kafe bersama dengan teman-teman namun saat ini kita sedang beradaptasi kembali, di mana rumah adalah satu-satunya pilihan tempat untuk belajar.

Untuk diketahui, lebih dari 300 juta siswa/i di dunia yang proses pembelajarannya terganggu selama masa pandemi Covid-19.

Sekolah dan universitas tidak dapat menangkal dampak dari pandemi tersebut. Beruntung, tak seperti di masa lalu, kita dapat tetap belajar di rumah meskipun sekolah atau universitas ditutup.

Berikut adalah empat tips agar bisa belajar efektif selama di rumah, dari aplikasi musik streaming Resso.

Yuk, simak di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hias dan bersihkan tempat belajar

Jika kamu memiliki meja di ruang tidur, itu merupakan awal yang baik. Lakukan sedikit “Marie Kondo-ing” yaitu merapikan ruangan dan mengatur tempat untuk meletakan buku-buku, komputer, dan alat-alat belajar lainnya.

Selain itu, singkirkan barang-barang yang tidak berhubungan dengan kegiatan belajar kamu.

Jika kamu tidak memiliki meja di ruang tidur (mungkin kamu memiliki meja yang digunakan secara bergantian dengan anggota keluarga lainnya di rumah), pilihlah tempat yang dapat digunakan untuk belajar.

Pastikan tempat tersebut bersih, rapi, dan terhindar dari gangguan selama kamu belajar. Selain itu pastikan untuk merapikan alat-alat belajar kamu ketika sudah selesai sehingga tempat tersebut bisa berguna seperti semula.

Gunakanlah media portabel seperti tas atau boks kecil untuk membantu kamu meletakan alat-alat belajar. Kamu dapat menjaga semuanya di satu tempat dan juga mudah untuk berpindah tempat ketika diharuskan. 

3 dari 5 halaman

2. Fokus

Fokuslah selama jam belajar kamu. Semakin kamu fokus dan berdedikasi maka semakin efektiflah jam belajar tersebut. Akan lebih baik jika kamu dapat mengalokasikan waktu!

Hiper-fokus akan membantu kamu untuk belajar dengan giat dan menyiapkan hal-hal diluar dari yang sudah direncanakan.

Jika kamu merasa sulit fokus, istirahatlah sejenak, ambil napas atau nikmati sedikit hiburan.

4 dari 5 halaman

3. Berikan diri kamu penghargaan

Fokus selama belajar di masa pandemic terutama selama masa karantina pastinya memiliki kesulitan tertentu. Maka dari itu ketika kamu telah berhasil mengatur waktu untuk belajar, berilah diri kamu penghargaan!

Penghargaan tersebut dapat berupa durasi tambahan untuk menonton film favorit, menikmati dessert, istirahat atau apapun yang dapat kamu nikmati.

Hal ini akan meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dan tentu saja hal tersebut merupakan perlakuan yang pantas kamu dapatkan.

5 dari 5 halaman

4. Dengarkan dan tenangkan hati

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Resso yang melibatkan Gen Z dan milenial di Indonesia sebagai responden (Jawa dan Sumatera), setengah dari mereka mendengarkan musik selagi belajar dan bekerja.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa 83 persen dari para responden mendengarkan musik sambil santai di rumah.

Jadi selama periode belajar di rumah, eksplorlah berbagai macam playlist untuk meningkatkan fokus selama belajar dan eksplor lebih banyak lagu berdasarkan genre favorit kamu di Resso.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini