Sukses

Sekecil Apa pun Dihitung sebagai Pahala, Ini Keutamaan Memberi Makan yang Berpuasa

Sekecil apapun itu akan dihitung sebagai pahala. Salah satunya dengan memberi makan mereka yang sedang berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta Setiap amalan yang dilakukan umat muslim di bulan suci Ramadan, pastilah akan dilipatgandakan. Karena bulan ini adalah bulan yang penuh keberkahan. 

Sekecil apapun itu akan dihitung sebagai pahala. Salah satunya dengan memberi makan mereka yang sedang berpuasa.

Tak sekedar menambah pahala dan berbagi rezeki,  jalinan silaturahmi antarumat beragama akan semakin erat tercipta. 

Lantas, keutamaan apa saja yang akan didapatkan dari orang yang memberi makan mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mendapat Pahala

Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa adalah mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berpuasa.

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, berkata Rasulullah SAW. bersabda:

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi)

3 dari 5 halaman

Jalan Menuju Surga

Keutamaan memberi makan orang yang berbuka puasa  lainnya adalah mendapatkan ganjaran sebagai jalan menuju surga.

Dari Ali Ra berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata," Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?" Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, "Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur." (HR. Tirmidzi)

4 dari 5 halaman

Mendapat Ridho Allah SWT

Memberi makan orang yang berbuka puasa jika dibarengi dengan ibadah lain seperti sholat dan bersedekah, akan menjadi pengantar seseorang menuju ridho Allah SWT.

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan, "Puasa, salat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, salat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja." (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298).

 

5 dari 5 halaman

Menambah Keberkahan Harta

Memberi makan orang yang saat berbuka puasa juga sebagai bentuk dalam bersedekah. Sedekah tidak akan mengurangi harta si pemberi. Justru pintu rezeki terbuka melalui sedekah.

Sebagaimana terdapat dalam hadits dikatakan, sedekah tidak akan mengurangi harta. Walaupun secara fisik berkurang, namun harta yang disedekahkan akan menjadi berkah. Sehingga kekurangannya tersebut tertutupi oleh keberkahannya.

Selain mendapatkan keberkahan, di sisi lain ganjaran pahala berlipat ganda juga akan didapatkan. Memberi makan orang saat berbuka puasa berarti juga memperat jalinan silahturrahmi antar sesama.

 

Reporter: Ulyaeni Maulida

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.