Sukses

Tak Punya Modal untuk Mulai Usaha di Ramadan, Yuk Coba 5 Cara Ini

Anda masih bisa memulai bisnis tanpa perlu memikirkan modal yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Momen Ramadan menjadi momen yang banyak dimanfaaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Tak jarang di bulan suci ini, masyarakat ramai-ramai membuka usaha atau bisnis yang berkaitan dengan Ramadan seperti berjualan takjil, membuat kue kering atau berjualan pakaian muslim.

Namun demikian untuk memulai usaha, seseorang terkadang harus terhalang dengan modal yang tidak ada atau kurang mencukupi.

Nah jangan khawatir, Anda masih bisa memulai bisnis tanpa perlu memikirkan modal yang besar. Dimungkinkan untuk memulai bisnis dengan sedikit uang, jika Anda memiliki kombinasi keterampilan, etika kerja, dan pengetahuan pemasaran yang tepat.

Berikut panduan sederhana ini agar Anda bisa mendanai bisnis yang diinginkan ketika Anda memiliki sedikit atau tidak ada uang, dilansir dari laman Entepreneur.com, Jumat (8/5/2020).

1. Membuat Sesuatu

Ya, membuat sesuatu memang membutuhkan biaya awal dalam persediaan, tetapi seringkali, produk ini dapat dijual berkali-kali lipat dari biaya sebenarnya. Apa yang Anda putuskan adalah terserah Anda, tetapi ada beberapa tempat yang bisa membantu Anda untuk menjual sesuatu hasil buatan tangan Anda secara online. Misalnya melalu marketplace Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain sebagainya.

Banyak pemilik bisnis menjual produk mereka di berbagai platform untuk mendapatkan paparan sebanyak mungkin. Namun, penting untuk memastikan produk Anda tetap diperbarui di semua situs tempat Anda menjual produk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jual Kembali Barang yang Tak Terpakai

Jika Anda tidak ingin membuat apa pun atau Anda tidak menganggap diri Anda orang yang kreatif, banyak pemilik bisnis yang telah mengembangkan bisnis besar hanya dengan menjual kembali produk yang telah dibuat.

Ini dapat dilakukan melalui berbagai cara atau saluran, yakni pengiriman drop dengan mengatur toko online dan bermitra dengan perusahaan pengiriman drop yang akan melakukan semua pemenuhan pesanan untuk Anda.

Lalu Anda bisa membuka toko barang bekas, jika Anda tahu ke mana harus mencari, Anda dapat menemukan barang-barang di toko barang bekas, toko barang antik, pasar loak dan penjualan garasi dan menjualnya kembali secara online atau di komunitas lokal.

3. Jual Jasa Anda

Salah satu cara untuk memulai bisnis dengan modal pemula yang sedikit atau tidak sama sekali adalah dengan menjual jasa Anda, alih-alih produk fisik. Ada beragam layanan yang dapat Anda tawarkan, tergantung pada latar belakang dan minat Anda.

Beberapa akan memerlukan gelar tingkat lanjut, seperti akuntansi, sementara yang lain membutuhkan sedikit lebih dari pengetahuan kerja tentang bagaimana hal itu dilakukan seperti menjaga anak, memotong rumput, dan sebagainya.

Karena Anda menjual jasa, maka Anda akan memerlukan rencana branding untuk memastikan nama dan perusahaan Anda berada di depan orang-orang yang mungkin membutuhkan layanan tersebut.

Dengan  memiliki situs web untuk menunjukkan contoh pekerjaan Anda, daftar pengalaman Anda, dan blog tentang industri Anda untuk menarik pengunjung.

3 dari 3 halaman

4. Barter untuk Mendapatkan yang Anda Butuhkan

Sayangnya, sangat sulit untuk memulai bisnis tanpa dana sama sekali. Namun, ada cara untuk mendapatkan persediaan yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda tanpa uang.

Misalnya, jika Anda membutuhkan laptop bekas, cobalah barter untuk itu. Bangun situs web baru untuk pemasok elektronik bekas, atau tawarkan layanan pengasuhan anak ke tetangga Anda untuk laptop lama mereka.

5. Memanfaatkan Layanan Pinjaman Berbiaya Rendah

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan media sosial seperti instagram, facebook, dan media sosial lainnya untuk mengiklankan produk dan layanan Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakan platform ini untuk membangun perusahaan Anda sendiri.

Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan bahan branding, barang cetakan atau barang yang dibutuhkan lainnya tanpa biaya banyak, dan untuk penghematan tambahan,

Memulai bisnis membutuhkan kecerdikan dan gairah untuk apa yang Anda lakukan. Begitu Anda menemukan diri Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai, Anda akan lebih mungkin menemukan cara untuk menyatukan semuanya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini