Sukses

Mengetahui Batas Kemampuan Shockbreaker Motor dalam Menopang Beban

Tak sedikit masyarakat yang memanfaatkan sepeda motor untuk mengangkut barang. Ada yang membawa barang dengan ukuran normal, tapi banyak juga yang overload atau kelebihan muatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit masyarakat yang memanfaatkan sepeda motor untuk mengangkut barang. Ada yang membawa barang dengan ukuran normal, tapi banyak juga yang overload atau kelebihan muatan.

Padahal, sesungguhnya sepeda motor memiliki batas kemampuan pengangkutan.

Seperti dikutip dari laman Suzuki Indonesia, jika sering mengangkut barang dengan berat berlebihan, shockbreaker sepeda motor bisa jadi korban.

Shockbreaker ini menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang keselamatan di jalan. 

Shockbreaker memiliki batas kemampuan, sehingga ketika sudah rusak maka mengendarai sepeda motor pun jadi tak akan nyaman lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hitung-hitungannya

Shocbreaker bawaan pabrik memiliki kapasitas berat tertentu. Rata-rata kapasitas shockbreaker sepeda motor di Indonesia sama dengan rata-rata berat orang Indonesia dan dikalikan dua.

Jika sudah melebihi kapasitas tersebut, sepeda motor bisa tidak stabil dan shockbreaker pun tak berfungsi.

Maka itu, ada baiknya untuk membatasi barang bawaan agar shockbreaker panjang umur. Dengan tidak membawa barang melebihi kapasitas maksimal, juga bisa membuat perjalanan lebih aman.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.