Sukses

8 Cara Atasi Sakit Kepala Saat Puasa, Tanpa Obat

Tak perlu membatalkan puasa saat sakit kepala.

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala saat puasa pastinya bisa mengganggu aktivitas di bulan Ramadan. Bahkan sakit kepala bisa mengacaukan konsentrasi saat beribadah. Maka dari itu, cara atasi sakit kepala saat puasa sangat penting diketahui.

Cara atasi sakit kepala saat puasa pastinya berbeda dengan mengatasi sakit kepala pada hari-hari biasa. Di tengah puasa, Anda tak bisa begitu saja meminum obat untuk meringankan rasa sakit. Jika masih kuat dan ingin melanjutkan puasa, cara atasi sakit kepala saat puasa bisa dilakukan tanpa minum obat.

Cara atasi sakit kepala saat puasa ini bisa dengan relaksasi, istirahan cukup, hingga olahraga ringan. Berikut cara atasi sakit kepala saat puasa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (13/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tidur cukup

Kurang tidur dan terlalu banyak tidur dapat menjadi pemicu sakit kepala migrain. Saat sakit kepala, coba untuk membaringkan kepala dan mengistirahatkan tubuh. Cara ini bisa meringankan sakit kepala yang datang tiba-tiba.

Jumlah istirahat yang tepat juga penting untuk pencegahan sakit kepala alami. Usahakan untuk tidur malam yang cukup. Hindari stimulan seperti kafein, gula, nikotin, dan layar gadget di jam-jam sebelum tidur. Pilih aktivitas santai sebelum tidur untuk mempercepat tidur.

3 dari 9 halaman

Gunakan minyak esensial atau aromaterapi

Mengoleskan minyak esensial atau aromaterapi merupakan salah satu cara ampuh mengatasi sakit kepala saat puasa. Beberapa minyak aromaterapi telah dilaporkan mampu menenangkan dan mengurangi timbulnya sakit kepala. Ini termasuk ekstrak peppermint, eucalyptus, dan minyak lavender.

Minyak esensial peppermint dan lavender sangat membantu ketika sakit kepala. Menerapkan minyak esensial peppermint ke pelipis telah terbukti mengurangi gejala sakit kepala. Sementara itu, minyak lavender sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit migrain ketika dihirup aromanya.

4 dari 9 halaman

Kompres

Untuk sakit kepala karena tegang otot, kompres panas atau dingin dapat memberikan kelegaan. Meletakkan kompres hangat di titik rasa sakit dapat membantu meringankan sakit kepala. Mandi air hangat juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit.

Menerapkan kompres dingin ke daerah leher atau kepala dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah, yang semuanya membantu mengurangi sakit kepala.

5 dari 9 halaman

Lakukan pijatan

Memijat otot-otot di leher dan bahu dapat membantu meredakan ketegangan dan mengurangi rasa sakit kepala. Teknik akupresur juga dapat membantu meringkankan sakit kepala. Akupresur melibatkan penerapan tekanan pada bagian tubuh tertentu.

Merangsang titik-titik tertentu dari tubuh dengan cara ini diyakini akan melepaskan ketegangan otot dan mengurangi rasa sakit. Ada beberapa titik tekanan terkenal di dalam tubuh yang diyakini bisa meredakan sakit kepala. Titik-titik ini diantaranya seperti kening, telapak tangan, leher, tengkuk, dahi, hingga bahu.

6 dari 9 halaman

Latihan pernapasan

Sakit kepala yang berkaitan dengan ketegangan dapat dihilangkan dengan latihan pernapasan teratur. Latihan ini bisa membantu memfokuskan pikiran dan meringankan otot-otot. Latihan ini dapat membuatmu merasa rileks dan segar dalam waktu singkat.

Mulailah dengan menemukan tempat yang tenang dengan kursi yang nyaman. Selanjutnya, ambil napas yang lambat dan berirama, tarik napas selama lima detik, lalu keluarlan selama lima detik.

Jenis-jenis latihan pernapasan yang bisa dipraktikkan di antaranya seperti pernapasan dalam, pernapasan diafragma, pernapasan fokus, equal breathing, dan humming bee breath.

7 dari 9 halaman

Hilangkan tekanan pada kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh tekanan pada kepala. Tekanan pada kepala dapat menyebabkan sakit kepala dan mingrain. Tekanan di kepala akan menimbulkan sensasi seperti sesak, berat, atau sakit di kepala. Sensasi ini dapat berkisar dari intensitas ringan hingga berat.

Tekanan ini bisa berupa kunciran rambut yang terlalu kencang, penggunaan topi, ikat kepala,helm, bahkan kacamata renang. Untuk mengatasi sakit kepala ini, melepaskan tekanan pada kepala bisa menjadi solusi terbaik.

8 dari 9 halaman

Redupkan cahaya

Cahaya terang atau berkedip, bahkan dari layar komputer, dapat menyebabkan sakit kepala migrain. Sakit kepala juga bisa menimbulkan sensitivitas terhadap cahaya. Dilansir dari WebMd, para peneliti telah menemukan bahwa orang yang mengalami migrain memiliki koneksi ekstra di bagian otak mereka yang memproses cahaya dan suara. Daerah-daerah itu lebih aktif daripada di orang-orang yang tidak mengalami migrain, dan itu mengarah pada respons yang lebih besar.

Saat sakit kepala menyerang di siang hari, istirahatlah di dalam ruangan redup dan jauh dari cahaya yang menyilaukan mata.

9 dari 9 halaman

Yoga

Yoga merupakan salah satu bentuk olahraga ringan yang dapat mengurangi sakit kepala. Yoga dianggap membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan otot, yang dapat membantu meringankan gejala sakit kepala.

Yoga dapat membantu menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan energi. Latihan yoga akan menenangkan pikiran dan membantu seseorang untuk rileks. Yoga dapat meningkatkan fleksibilitas, postur tubuh, simetri, dan mengurangi sesak otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini