Sukses

Resep Nastar Klasik untuk Lebaran, Lumer di Mulut

Berikut resep dan tips praktirs membuat nastar yang enak di mulut.

Liputan6.com, Jakarta Kue nastar selalu memiliki tempat sendiri sebagai kue kering lebaran yang paling banyak dicari. Apalagi yang lumer di mulut, wah enak banget pastinya. Bikin sendiri di rumah pun bisa lho. Berikut resep yang bisa dicoba.

Bahan-Bahan :

- 100 gram butter

- 100 gram margarin

- 50 gram gula halus

- 1 butir kuning telur

- 25 gram susu bubuk

- 30 gram tepung maizena

- 250 gram tepung terigu

Bahan Olesan:

- 1 butir kuning telur

- 1 sdt minyak goreng

- 1 sdt susu kental manis putih

Bahan Isian :

- Selai nanas yang sudah disangrai

Cara Membuat :

1. Kocok butter, margarin, gula halus dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata. Matikan mixer, masukan kuning telur. Kocok kecepatan sedang. Matikan mixer lagi.

2. Masukkan bahan kering (maizena, tepung, dan susu bubuk) aduk dengan spatula sampai rata. Uleni dengan jari sampai kalis

3. Bentuk adonan pipih terlebih dahulu, beri isian selai nanas, lalu bentuk bulat-bulat.

4. Susun di loyang oven, olesi dengan bahan olesan.

5. Panggang sampai kuning kecokelatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rahasia Nastar Lumer di Mulut

Berikut beberapa tips agar nastarmu makin renyah

- Penggunaan mentega dalam pembuatan nastar bisa membuat hasilnya jadi lembut. Agar makin lembut, disarankan untuk mencampurkan margarin. Jika hanya menggunakan mentega, nastar berisiko terlalu lumer dan mudah hancur.

- Perbandingan keduanya adalah 80:20 dengan 80 persen mentega dan 20 persen margarin. Ini akan menghasilkan nastar yang lembut tapi masih kokoh dan tak mudah hancur. Selanjutnya mentega sebaiknya dalam keadaan dingin. Titik leleh mentega sangat tinggi, jika tak dimasukkan dalam kulkas nanti nastar bisa jadi basah teksturnya.

- Saat mengocok mentega pastikan dalam keadaan dingin ya. Terakhir, tambahkan tepung maizena. Tepung ini bisa membuat nastar lembut tapi tak mudah hancur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini