Sukses

Jarwo Kwat Ajak Masyarakat Introspeksi Diri Selama Ramadan di Tengah Corona Covid-19

Jarwo Kwat merasa bahwa Ramadan kali ini adalah waktu yang tepat untuk introspeksi diri.

Liputan6.com, Jakarta - Komedian senior, Jarwo Kwat merasakan perbedaan Ramadan 2020 ini dengan Ramadan di tahun-tahun sebelumnya. Pembedanya adalah suasana Ramadan yang terjadi di tengah pandemi wabah Corona Covid-19.

Jarwo Kwat mengatakan bahwa Ramadan kali ini ia lewati dengan lebih banyak beribadah di dalam rumah.

Hal itu disampaikan Jarwo Kwat saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

"Ramadan tahun ini jelas ada perbedaan yang signifikan ya daripada tahun-tahun sebelumnya, di antaranya kita puasa di rumah aja lebih sering. Terus salat Jumat juga di rumah aja, kemudian tarawih juga di rumah aja. Kegiatan kita juga lebih banyak di rumah. Jadi kita nggak bisa seperti tahun sebelumnya yang kita bebas keluar kemana aja," ungkap Jarwo Kwat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Jadi Kendala

Meski begitu, hal tersebut tak menjadi kendala bagi Jarwo Kwat. Jarwo Kwat tetap menjalani kewajibannya sebagai muslim dengan taat beribadah sepanjang Ramadan.

Ia pun menganggap, wabah Covid-19 yang kini menjadi masalah dunia adalah sebuah teguran dari Allah SWT pada umatnya.

 

3 dari 3 halaman

Introspeksi

Dari situ, Jarwo Kwat merasa bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk introspeksi diri. Setidaknya masa pandemi Corona Covid-19 ini bisa menjadikan manusia lebih baik dari sebelumnya.

"Kita intropeksi diri, apa yang kita telah lakukan, apa kesalahan kita sebelum-sebelumnya. Dengan adanya virus Corona ini mungkin peringatan dari Allah. Bahwa manusia harus bisa bertindak lebih baik lagi dan tidak merusak lingkungan dan lebih care terhadap saudara dan sesama," tutup Jarwo Kwat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini