Jadwal Imsakiah Hari Ini Selasa 5 Mei 2020 dan Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Oleh Husnul Abdi pada 04 Mei 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 04 Mei 2020, 21:00 WIB
Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Niat Puasa Ramadan / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Imsakiah Hari Ini Selasa 5 Mei 2020 berbeda di setiap wilayahnya. Jadwal ibadah di bulan Ramadan mulai dari jadwal shalat wajib, jadwal imsak, serta jadwal berbuka puasa bisa berbeda-beda di setiap daerah. 

Bahkan di kota yang berdekatan sekalipun biasanya ada perbedaan waktu dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Oleh karena itu kamu wajib mengetahui dan memahami perbedaan jadwal puasa Ramadan, terutama di daerah tempat tinggalmu. Kamu harus mencari informasi tentang Jadwal Imsakiah Hari Ini Selasa 5 Mei 2020 agar tidak salah dalam melaksanakan ibadah puasa.

Jangan sampai kamu mengikuti jadwal di daerah lain. Biasanya di televisi ada pemberitahuan waktu imsak, namun kebanyakan televisi memakai patokan daerah Jakarta. Jadi kamu harus cermat lagi untuk melihat jadwal puasa Ramadan di daerahmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Agama, Senin (4/5/2020) Jadwal Imsakiah Hari Ini Selasa 5 Mei 2020 bulan Ramadan 1441

2 dari 5 halaman

Jadwal Imsakiah Hari Ini Selasa 5 Mei 2020 di Beberapa Kota Besar

Jadwal Imsakiah Hari Ini Selasa 5 Mei 2020 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.26 WIB

Bandung: 04.23 WIB

Surabaya: 04.03 WIB

Jogja: 04.13 WIB

Banda Aceh: 04.57 WIB

Medan: 04.46 WIB

Padang: 04.45 WIB

Pekanbaru: 04.39 WIB

Palembang: 04.30 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Pontianak: 04.08 WIB

Banjarmasin: 04.51 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Palu: 04.27 WITA

Mataram: 04.51 WITA

Kupang: 04.23 WIT

Ambon: 04.57 WIT

Sorong: 04.42 WIT

Jayapura: 04.06 WIT

3 dari 5 halaman

Niat Puasa Ramadan

Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Niat Puasa Ramadan / Sumber: iStockphoto

Berpuasa di bulan ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tharawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa ramadan ini.

Dengan mengenal doa-doa yang harus diketahui selama bulan ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadan diterima oleh Allah SWT.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Sikat Gigi

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang pertama tentunya adalah dengan menyikat gigi. Dengan menyikat gigi setelah sahur kamu bisa mencegah sisa makanan tersangkut di mulut, yang nantinya akan menjadi tempat bakteri berkembang biak. Kamu harus sikat gigi dengan menyeluruh dan menjangkau seluruh bagian mulut, tidak terkecuali sela-sela gigi. Dengan menyikat gigi setelah sahur, kamu bisa menghindari bau mulut.

Kumur dengan Baking Soda

Berkumur dengan air yang telah ditambahkan 1/4 sendok baking soda bisa membuat mulumu terasa lebih segar selama berpuasa. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit garam dan dua sendok makan air lemon, yang dapat menghindarkan kamu dari bakteri yang menyebabkan bau mulut. Dengan cara satu ini, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih percaya diri.

Bersihkan Lidah

Menghilangkan bau mulut juga bisa dilakukan dengan membersihkan lidah. Jadi semua bagian di dalam mulut kamu memang harus dibersihkan, termasuk lidah. Ketika menyikat gigi, kamu juga harus sekalian membersihkan lidah karena bakteri penyebab bau mulut juga bisa berkembang biak di lidah. Sekarang sudah banyak alat pembersih lidah yang dijual di toko-toko terdekat. Pastikan setiap akan membersihkan lidah, alat pembersih lidahmu harus higienis.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga bisa mencegah bau mulut saat berpuasa. Selain itu, buah dan sayur juga secara alami dapat melindungi gigi dari plak. Kamu bisa mengonsumsi buah pir, jeruk atau lemon, tomat, apel, serta paterseli untuk mencegah atau menghilangkan bau mulut supaya tetap percaya diri menjalani puasa Ramadan.

Teh Hijau

Teh hijau selain enak juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. Dengan kandungan zat antioksidan, teh hijau bisa meruntuhkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, teh hijau juga mengandung zat aktif yang bahkan dapat menghilangkan plak dari gigi. Dengan konsumsi teh hijau, kamu bisa menjalani aktivitas saat berpuasa denga percaya diri tanpa takut dengan bau mulut lagi.

Jangan Makan Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang paling wajib kamu hindari saat berpuasa. Hal ini disebabkan akrena keju dapat menghasilkan aroma yang tidak sedap pada mulut kamu. Namun bila kamu sudah terlanjur mengonsumsi keju, kamu dapat mengatasi bau mulut nantinya dengan mengulum seiris lemon yang ditambah dengan garam. Setidaknya kamu harus mengurangi konsumsi keju bila tidak mau repot berhubungan dengan bau mulut.

Lanjutkan Membaca ↓