Sukses

3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Cari Tahu Arah Kiblat

Berbekal fitur GPS di ponsel, aplikasi ini dapat mendeteksi kemana arah kiblat berada dengan ketepatan cukup tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Arah kiblat adalah salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh umat Muslim ketika hendak melakukan ibadah salat.

Dengan berbagai alasan apapun, salat merupakan salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim. Baik di keseharian atau saat bulan Ramadan.

Beruntung, menentukan arah kiblat di era seperti sekarang ini sangat mudah. Cukup menggunakan aplikasi di ponsel, kamu bisa mengetahui arah kiblat dalam sekejap.

Berbekal fitur GPS di ponsel, aplikasi ini dapat mendeteksi kemana arah kiblat berada dengan ketepatan cukup tinggi. Oleh sebab itu, saat hendak menentukan arah kiblat kita tak perlu khawatir keliru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cari Arah Kiblat

Qibla Finder, layanan untuk mencari arah kiblat untuk salat. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Aplikasi ini, meski ponsel tidak terhubung ke koneksi internet, tetap dapat menentukan arah kiblat. Pengguna hanya perlu memasukkan lokasinya dan aplikasi ini pun akan menunjukkan arah kiblat.

Aplikasi ini juga mendukung beberapa bahasa, antara lain bahasa Inggris, Indonesia, Turki, Perancis, Belanda, dan sejumlah bahasa lainnya.

Fitur lain yang tak kalah penting dari aplikasi ini adalah pengingat salat lima waktu. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu memasang aplikasi salat tambahan untuk mengingatkan salat.

Metode penghitungan waktu salat pada aplikasi ini merujuk pada tujuh metode yang berbeda. Pengguna dapat memilih satu dari tujuh metode itu.

Selain itu, aplikasi ini juga menyematkan Alquran digital yang telah mendukung terjemahan dalam 18 bahasa berbeda.

 

3 dari 4 halaman

2. Find Qibla Direction

Find Qibla Direction. (Doc: Google)

Sesuai namanya, Find Qibla Direction memang punya fitur utama sebagai penunjuk arah kiblat.

Diakui, aplikasi ciptaan Quran Reading ini mampu menunjukkan arah kiblat dengan akurasi tingkat tinggi meskipun kamu berada di pegunungan atau di lokasi yang tak dikenal.

4 dari 4 halaman

3. Muslim Pro

Muslim Pro. (Doc: Google Play)

Muslim Pro adalah aplikasi yang memang diciptakan buat kamu yang ingin jadi seorang Muslim yang 'profesional' alias lebih baik.

Aplikasi ini berisi pengingat waktu sholat lengkap beserta jadwal-jadwalnya, dan tentunya adanya penunjuk arah kiblat untuk membantu kamu yang kesulitan menemukannya di tempat-tempat tertentu.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini