Sukses

Quraish Shihab: Wujud Tuhan Terdapat dalam Fitrah Manusia

Quraish Shihab menyebut beberapa para ulama mengatakan bahwa uraian menyangkut wujud Tuhan lebih banyak ditekankan pada keesannya bukan wujudnya.

Liputan6.com, Jakarta Cendikiawan muslim Quraish Shihab mengangkat tema wujud Tuhan dalam Alquran.

Dia mengungkap, ada beberapa para ulama yang mengatakan bahwa uraian menyangkut wujud Tuhan lebih banyak ditekankan pada keesannya bukan wujudnya.

Menurut Quraish Shihab, wujud Tuhan terdapat dalam fitrah manusia. Ada fitrah keagamaan yang telah dibuktikan oleh para ilmuan.

"Karena itu hampir tidak ada uraian Alquran menyangkut wujud Tuhan," ucap cendikiawan muslim ini.

Lantas, jika ada dua Tuhan apa yang terjadi?

"Allah memberi sebuah ilustrasi. Jika ada dua Tuhan, maka kemungkinan yang terjadi adalah pertama, bersepakat membagi kekuasaan. Ketika itu akal berkata, kalau dia terpaksa atau sukarela membagi kekuasaan, maka keduanya bukan Tuhan," jelas Quraish Shihab.

Kemungkinan kedua adalah mereka bersaing. Dalam persaingan tersebut pasti ada yang kalah. Yang kalah bukan Tuhan, sementara yang memenangkan persiangan itu adalah Tuhan Yang Maha Esa.

"Itulah satu dari sekian argumentasi Alquran tentang keesaan Allah SWT," ucap Quraish Shihab.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.