Sukses

Buah-Buahan Manis, Pilihan Sehat untuk Menu Buka Puasa

Ada pilihan hidangan buka puasa yang lebih menyehatkan, yakni buah-buahan manis

Liputan6.com, Jakarta Masing-masing orang memiliki selera berbeda dalam menentukan menu buka puasa. Ada yang memilih hidangan dingin dan manis seperti aneka es hingga gorengan. Namun, sebenarnya ada pilihan hidangan buka puasa yang lebih menyehatkan, yakni buah-buahan manis, seperti disampaikan oleh dr Eni Gustina, MPH.

"Diawali dengan air putih hangat, lalu kami menyarankan buah-buahan segar yang manis (tidak asam). Secara agama juga kan dianjurkan kurma, ya. Kurma itu mengandung karbohidrat dan energi," kata Eni.

Eni juga mengatakan agar menghindari buka puasa dengan porsi makan yang banyak. Sistem pencernaan perlu melakukan adaptasi setelah belasan jam tidak ada makanan dan minuman yang masuk.

“Lambung kan selama belasan jam kosong nih, jadi kalau diisi jangan langsung banyak. Setelah buka puasa, kita salat, terawih. Nah, habis tarawih itu dilanjutkan makan dengan porsi piring makan, banyak sayuran seperti biasa," kata Eni mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, Sehat Negeriku.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Larangan Makan Usai Salat Tarawih

Tidak ada larangan untuk makan malam setelah salat tarawih. Hal ini ditegaskan Eni menanggapi kekhawatiran para remaja putri akan menjadi gemuk bila makan malam usai tarawih.

“Kadang remaja putri yang sering berpikir begitu, habis salat tarawih tidak usah makan malam karena takut gemuk. Itu salah, kita akan kurang energi. Porsinya yang mesti kita ubah, harus kita perhatikan sayurnya harus lebih banyak”, pungkasnya.

Eni menekankan pentingnya memahami dan menerapkan porsi piring makanku dengan menu yang bergizi seimbang dan membiasakan pola makan tersebut di keseharian.

Lalu, usai makan malam jangan langsung tidur. Isi waktu tersebut dengan melakukan ibadah atau kegiatan lain. Namun, jangan juga tidur terlalu malam karena harus bangun tepat waktu untuk sahur di keesokan paginya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.