Sukses

Kriminalitas Meningkat Saat PSBB dan Ramadan, Ini Pentingnya Kamera CCTV

Pihak berwajib bahkan mengimbau masyarat di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk meningkatkan sistem keamanan menggunakan kamera keamanan CCTV.

Liputan6.com, Jakarta - Angka kriminalitas dilaporkan meningkat selama dua pekan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana menyatakan ada 17 kasus perampokan minimarket yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya dalam satu bulan terakhir.

Aksi kriminal seperti pencurian dan perampokan bahkan tak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di Depok dan Tangerang. Kejadian yang meresahkan ini juga berlangsung saat Ramadan.

Pihak berwajib pun mengimbau kepada pelaku usaha di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk meningkatkan sistem keamanan menggunakan kamera keamanan CCTV dan sensor alarm guna mencegah tindak kriminal.

Sebagai solusi, Ezvis, salah satu penyedia smart home security menawarkan deretan lini produk unggulan kamera CCTV untuk pengawasan dan perlindungan bagi para pelaku usaha.

Beberapa di antaranya seri C1C kamera Wifi dalam ruangan (indoor), C1C PIR yang dilengkapi sensor PIR untuk meningkatkan keakuratan peringatan, dan kamera Wifi luar ruangan (outdoor) C3W Color Night Vision yang mampu menangkap gambar berwarna di malam hari.

Howard Yang, Country Manager EZVIZ Indonesia, mengatakan bagi pelaku usaha yang membutuhkan peningkatan dalam sistem pengawasan, smart camera menjadi solusi yang mudah dan praktis untuk diimplementasikan.

"Melalui lini produk smart camera EZVIZ, kami ingin menunjukkan komitmen dalam menghadirkan kehidupan yang aman, nyaman, dan cerdas bagi setiap orang,” ujar Howard melalui keterangannya, Sabtu (2/5/2020).

C1C tersedia dalam dua varian resolusi, yaitu 1MP dengan resolusi 720p dan 2MP dengan resolusi 1080p, sedangkan C1C PIR dan C3W Color Night Vision hanya memiliki 1 varian 2MP dengan resolusi 1080p.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Cerdas

Ketiga produk memiliki fungsi dan fitur cerdas yang dapat meningkatkan keamanan secara signifikan seperti deteksi gerakan (motion detection). Pengguna dapat mengatur area yang dimonitor akan perubahan gerakan yang terjadi.

Pengguna juga dapat mengatur alarm dengan 3 mode dering lagu yang dapat dipilih (intense, soft, silent) untuk mengusir kehadiran individu yang tidak diinginkan seperti pencuri.

C1C dan C1C PIR juga memiliki fitur penglihatan malam dengan inframerah, lensa sudut lebar 130°, mikrofon dan speaker yang mendukung komunikasi dua arah, koneksi nirkabel 2,4GHz, dan dukungan penyimpanan lokal dengan MicroSD hingga 256GB.

Perbedaan di antara kedua produk ini adalah C1C PIR yang mendukung sensor temperatur agar fitur deteksi gerakan tidak menangkap gerakan dari benda mati.

3 dari 3 halaman

Perlindungan Air dan Debu

Berbeda dengan dua produk di atas, C3W Color Night Vision merupakan smart camera untuk penggunaan di luar ruangan, dilengkapi dengan dua lampu sorot internal dan lensa optik profesional yang mampu menangkap gambar yang cerah dan berwarna bahkan di malam hari.

Perlindungan air dan debu IP67 menunjang fungsi optimal C3W di segala suhu dan cuaca. Bahkan C3W Color Night, selain suara alarm yang standar yang sudah disediakan, juga dapat dimodifikasi suara alarm dengan rekaman suara manusia atau hewan.

Seluruh perangkat smart camera dari EZVIZ telah mendukung penyimpanan 3 lokasi secara bersamaan yaitu penyimpanan lokal MicroSD, penyimpanan Cloud terenkripsi, dan juga NVR sehingga menjamin keamanan file rekaman ketika perangkat mengalami gangguan atau kerusakan.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini