Sukses

5 Tips Agar Bisnis Anda Berjalan Sesuai Target Selama Ramadan

Memasuki bulan Ramadan tentunya pola jam kerja akan berubah mengikuti pola kegiatan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, tentunya pola jam kerja akan berubah mengikuti pola kegiatan baru, yakni di mana umat Islam biasanya berpuasa di siang hari dan (sering) menghadiri doa tambahan yang dianjurkan pada malam hari seperti sholat terawih.

Sementara jam kerja dan etiket publik berubah selama bulan tersebut, berikut adalah lima tips untuk membantu Anda tetap terhubung dengan perusahaan Anda selama bulan Ramadan, dilansir dari laman Entepreneur, Senin (4/5/2020).

1. Kerjakan Pekerjaan dengan Cepat

Puasa dimulai selesai waktu sholat subuh sekitar jam 4 pagi dan berlanjut hingga petang sekitar pukul 6 sore.  Tidak hanya waktu yang lama tanpa makan dan minum, seiring berjalannya hari, juga menjadi lebih sulit untuk tetap semangat bekerja 100 persen.

Jika Anda perlu mengatur pertemuan atau presentasi dengan orang-orang yang sedang berpuasa, cobalah dan jadwalkan untuk memulai hari lebih awal supaya tidak mengganggu waktu menuju berbuka puasa.

Cobalah dan selesaikan semua rapat Anda mulai dari awal hingga sore hari, dengan cara itu Anda dapat yakin bahwa Anda mendapatkan fokus dan perhatian terbaik dari perusahaan, tanpa mengganggu hal lain.

2. Bersikap Ekstra Akomodatif

Banyak umat Muslim yang tidak mendapatkan tidur malam yang teratur di bulan Ramadan ini.  karena setelah berbuka puasa, biasanya dilanjutkan dengan sholat terawih, lalu tidur dan tak lama bangun kembali untuk sahur, biasanya sebagian orang ada yang tidur kembali setelah sahur.

Melihat pola itu, maka akan membuat Anda sulit untuk bangun pagi lagi. Sarannya adalah Anda harus bisa mengatur jadwal Anda dan mengatur pola kerja Anda yang disesuaikan dengan perusahaan. Jadi persiapkan jadwal yang sudah Anda rencanakan sesekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gabungkan Rapat Kerja dan Sosial

Ramadan mungkin adalah bulan yang paling sosial, jadi manfaatkan itu sebaik mungkin. Akan ada banyak jejaring berbuka puasa, namun kini dalam keadaan di tengah pandemi virus corona mungkin Anda hanya bisa melakukan acara berbuka bersama perusahaan hanya via online, kendati begitu Anda masih bisa untuk bersosialisasi bersama mitra, kolega, pemasok, dan klien.

4. Tingkatkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Anda (CSR)

Ramadan adalah bulan amal. Ada sejumlah organisasi yang akan menjalankan kampanye CSR di bulan ini. Anda mungkin secara pribadi, atau sebagai perusahaan, bisa melakukan upaya untuk terlibat dari menyumbangkan makanan, mengepak paket makanan untuk distribusi, kemudian membagikan paket-paket ini kepada orang-orang yang membutuhkan.

3 dari 3 halaman

5. Lebih Banyak Terlibat

Ada banyak hal yang terjadi dalam minggu-minggu ini, jadi pastikan untuk terlibat. Selama hari-hari Idul Fitri pada akhir bulan Ramadan pastikan untuk berhubungan dekat secara pribadi kepada mitra, kolega, pemasok, dan klien, dengan memberikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa, atau memberikan semangat antar sesama.

Meskipun pekerjaan cenderung sedikit melambat selama bulan Ramadan, tahun ini cukup unik dalam hal apa yang dapat Anda capai. Buat upaya ekstra, itu akan sangat membantu Anda tidak hanya secara profesional, tetapi juga secara pribadi.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini