Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Sabtu 2 Mei 2020 dan Keutamaan Membaca Doa saat Berbuka

Jadwal buka puasa Sabtu 2 Mei 2020, serta pentingnya membaca doa buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Penting sekali untuk mengetahui jadwal buka puasa hari ini, Sabtu 2 Mei 2020 yang tepat. Jangan sampai terlewat karena jadwal buka puasa hari ini Sabtu 2 Mei 2020, merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Perlu diketahui juga, jadwal buka puasa hari ini Sabtu 2 Mei 2020 berbeda-beda di setiap daerahnya. Meski hanya selisih beberapa menit saja, tetapi penting untuk mengetahui jadwal buka puasa hari ini Sabtu 2 Mei 2020 yang benar-benar tepat. Tentu saja agar bisa melaksanakan anjuran berbuka Rasulullah SAW dengan segera menyegerakan buka puasa.

Selain mengetahui jadwal buka puasa hari ini, penting juga untuk mengetahui doa menjelang buka puasa Ramadan dan keutamaanya. Berikut jadwal buka puasa hari ini Sabtu 2 Mei 2020 serta doa menjelang buka puasa Ramadan dan keutamaannya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Buka Puasa Ramadan

Doa menjelang buka puasa Ramadan sudah pasti diketahui banyak orang. Doa ini sudah sering diajarkan sejak kecil oleh orang tua atau guru mengaji. Doa buka puasa diucapkan saat akan membatalkan puasa ketika matahari terbenam.

Selain itu, waktu buka puasa juga ditandai dengan kumandang adzan magrib. Berikut ini adalah doa buka puasa yang sering digunakan.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan sengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Selain doa buka puasa di atas, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa doa buka puasa adalah sebagai berikut. Doa ini seperti yang disampaikan pada hadis, dapat dilantunkan usai berbuka puasa.

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: Telah hilang dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki. (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)

3 dari 4 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Sabtu 2 Mei 2020

Berikut jadwal buka puasa hari ini Sabtu 2 Mei 2020, 9 Ramadan 1441 H di kota besar Indonesia:

Banda Aceh 18:49 WIB

Medan 18:33 WIB

Padang 18:21 WIB

Pekanbaru 18:18 WIB

Palembang 18:01 WIB

Bandung 17:50 WIB

Jakarta 17:49 WIB

Yogyakarta 17:33 WIB

Semarang 17:34 WIB

Surabaya 17:25 WIB

Pontianak 17:46 WITA

Banjarmasin 18:22 WITA

Denpasar 18:13 WITA

Makassar 18:00 WITA

Palu 18:03 WITA

Mataram 18:10 WITA

Kupang 17:38 WITA

Ambon 18:27 WIT

Sorong 18:18 WIT

Jayapura 17:38 WIT

4 dari 4 halaman

Keutamaan Berdoa Saat Puasa

Allah selau mendengan doa hamba-Nya yang bertakwa, hal ini selaras pada firman-Nya yang berbunyi:

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan doa kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina," (QS. Ghafir ayat 60).

Di dalam agama Islam ada beberapa doa paling mustajab. Di mana doa tersebut tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Salah satu doa mustajab itu ialah doa orang-orang mukmin saat akan menjelang berbuka puasa.

Hendaknya seorang muslim dalam keadaan suci (sudah berwudhu) mengadahkan tangan ke langit selama 10-15 menit, untuk berdoa dan meminta segala sesuatunya kepada Allah.

Ketika orang tersebut berdoa meminta apa saja kepada Allah SWT, doanya seketika akan diterima oleh Allah. Namun, sebaiknya doa yang dipanjatkan diawali dengan puji-pujian kepada Allah dan salawat Nabi.

"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzalimi," (HR. Tirmidzi).

Saat sebelum berbuka puasa hendaklah jadikan momen untuk meminta ampun kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Mengabulkan segala sesuatu permintaan hambanya.

Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang penuh keberkahan. Karena di waktu tersebut manusia merasakan kebahagiaan dari ibadah puasa dengan diperbolehkannya makan dan minum, setelah seharian menahan hawa nafsu selama sehari penuh. Hal ini diutarakan dalam hadis yang berbunyi:

"Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak," (HR. Muslim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini