Yoga dan Pilates, Olahraga yang Tak Bikin Lemas Saat Puasa Ramadan

Oleh Liputan6.com pada 30 Apr 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 30 Apr 2020, 17:45 WIB
20151020-Ilustrasi-Yoga

Liputan6.com, Jakarta Melakukan aktivitas olahraga tetap diperlukan meski tengah puasa Ramadan. Dianjurkan untuk memilih jenis olahraga yang tak membuat semakin merasa lemas dan lapar. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada yoga dan pilates.

"Yoga dan pilates paling bagus untuk yang berpuasa karena pernapasannya panjang, sehingga tidak membuat gula darah langsung drop dan memicu rasa lapar," ungkap Private Instructor, Lisa Namuri di Jakarta beberapa waktu silam.

Yoga dan pilates merupakan olahraga yang menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi utamanya, sehingga sangat tepat dilakukan saat menjalani puasa Ramadan.

"Karena energinya dari cadangan lemak, jadi orang yang melakukan yoga dan pilates badannya lean. Dia enggak akan bulky. Yang diperkuat hanya otot bagian dalam, jadi enggak akan terlihat sangat berotot," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Cek Kondisi Tubuh

Pilihan gaya yoga pun sangat beragam, seperti downward dog dan mountain pose (tadasana) yang sederhana namun bisa dikembangkan menjadi gerakan lebih sulit.

Namun, sebelum melakukannya Anda perlu memastikan kondisi tubuh. " Kalau lemas, jangan lakukan gerakan yang berdiri seperti handstand atau bakasana (crow pose)," katanya.

Jika belum terbiasa, lakukan yoga bersama instruktur agar lebih efektif dan mencegah cedera. "Kecuali kalau sudah 1-2 tahun melakukan yoga atau pilates," tutupnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓