15 Menu Sahur Ala Anak Kos yang Praktis, Murah, dan Menyehatkan

Oleh Husnul Abdi pada 29 Apr 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 29 Apr 2020, 17:00 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta Menu sahur ala anak kos terdiri dari berbagai makanan yang praktis dan mudah disajikan. Hal ini karena kerap kali anak kos melewatkan sahur hanya karena alasan telat bangun atau malas untuk memasak. Padahal, makan sahur sangat penting untuk menjaga tenaga saat berpuasa di siang harinya. 

Oleh karena itu, untuk mengakalinya kamu bisa menyiapkan menu sahur yang mudah dibuat, agar tidak lagi meninggalkan sahur. Bagi anak kos, makan boleh ala kadarnya saja, namun tetap harus dipertimbangkan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Menu sahur ala anak kos yang murah dan mudah dibuat bisa menjadi pilihan. Walaupun begitu, kebutuhan gizi harus tetap terpenuhi. Banyak makanan yang murah dan bergizi yang bisa kamu jadikan pilihan, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/4/2020) tentang menu sahur ala anak kos.

2 dari 8 halaman

Abon dan Omelet Sayur

Menu sahur ala anak kos
Perbesar
Abon | via: livestockreview.com

Abon

Salah satu menu sahur ala anak kos yang paling mudah disajikan dan murah adalah abon. Hal ini tentunya tidak hanya berlaku di Bulan Ramadan saja, bahkan abon juga menjadi menu rekomendasi sehari-hari anak kos.

Sifat abon yang praktis dan dapat disimpan untuk waktu yang lama membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai salah satu menu praktis untuk sahur. Kamu bisa melengkapi menu nasi dan abon dengan menu sayur seperti cah kangkung, sayur bayam, atau tumis sayuran lainnya. Jika tidak tersedia nasi, abon juga cocok dikonsumsi bersama dengan roti tawar.

Omelet Sayur

Menu sahur ala anak kos berikutnya adalah omelet sayur. Jika biasanya kamu membuat omelet menggunakan mi instan, kali ini cobala membuat omelet dengan menggunakan sayur, hal ini tentunya akan sedikit memberikan gizi pada tubuhmu. Pilih beberapa jenis sayur sehat, menu sahur satu ini tidak akan membuat kantongmu jebol.

3 dari 8 halaman

Martabak Mi dan Sayur Orak-arik

Martabak Mi
Perbesar
Martabak Mi. (Foto: Vidio.com/DelishTube ID)

Martabak Mi

Mi instan mungkin menjadi salah satu penolong anak kos saat menyediakan santapan sahur sederhana. Namun jika kamu hanya menyantap mi instan dengan cara yang sama tiap harinya akan membosankan.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat martabak mi, yaitu campruan dari mi yang telah direbus dengan dua butir telur. Menu sahur ala anak kos satu ini tentu lebih sehat dan juga tetap praktis.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai makanan seperti sayuran hingga bakso atau sosis sebagai penambah rasa.Setelah dicampur bumbu, goreng martabak mi layaknya kamu menggoreng telur dadar. Seporsi martabak mie siap menemani santap sahur di kos.

Sayur Orak-arik

Selain itu, menu sahur ala anak kos berikutnya adalah sayur orak-arik. Sayur orak arik ini tidak sulit untuk dibuat. Masih dengan campuran telur, kamu bisa mendapatkan sajian praktis yang enak dan sehat untuk makan sahur.

Kamu bisa memadukan telur dengan beberapa jenis sayur seperti kol, buncis, kacang panjang, taoge, wortel, atau sayuran favoritmu. Sayur-sayur ini akan memberikan gizi yang sehat untuk tubuh.

4 dari 8 halaman

Oatmeal dan Sereal

Oatmeal
Perbesar
Ilustrasi Oatmeal Credit: pexel.com/LifeofPix

Oatmeal

Oatmeal menjadi pilihan menu sahur ala anak kos yang cukup populer. Apalagi, selama berpuasa kamu juga perlu menjaga kondisi tubuhmu harus tetap prima. Karenanya beberapa makanan gizi perlu kamu konsumsi, salah satunya oatmeal.

Makanan berbahan gandum ini berkhasiat menjaga kebugaran tubuh kamu selama berpuasa. Kamu bisa menyediakan stok oatmeal jika ingin menu sahur yang praktis dan juga bergizi. Bahkan, oatmeal juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, yang mana sangat membantu saat berpuasa.

Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat kompleks pada oatmeal. Cara menikmati oatmeal juga sangat mudah, kamu hanya perlu menambahkan madu dan buah-buahan yang kamu inginkan untuk membuat oatmeal yang lezat. Buah pisang adalah salah satu yang paling umum dijadikan campuran oatmeal.

Sereal

Menu sahur ala anak kosa favorit lainnya adalah sereal. Makanan sahur ini juga sangat mudah disiapkan, dapat menghemat waktumu bila telat bangun saat sahur dan tidak sempat membuat makanan lainnya.

Sediakan stok sereal dan susu rendah lemak di kamar kos agar kamu dapat segera sahur setiap harinya. Tidak perlu waktu lama untuk menyajikannya.

5 dari 8 halaman

Nasi Goreng dan Telur Ceplok

nasi goreng
Perbesar
ilustrasi nasi goreng/ Image by Adelia Rosalinda from Pixabay

Nasi Goreng

Menu sahur ala anak kos selanjutnya adalah nasi goreng. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng sangat sederhana, yaitu nasi dan bumbu nasi goreng. Kamu dapat menggunakan bumbu instan atau dapat juga membuat bumbu sendiri dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, dan juga tomat.

Menambahkan telur ceplok dapat membuat nasi goreng lebih bernutrisi. Jika tersedia, tambahan sayuran, kornet, atau daging ayam juga bisa menjadi pilihan untuk menambah kelezatan nasi goreng.

Telur Ceplok

Jika kamu terlalu malas untuk memasak nasi goreng, telur ceplok pun juga bisa jadi menu sahur ala anak kos. Biasanya, telur mata sapi ini disantap dengan saos sambal, cabai bubuk atau kecap manis. Tapi, agar tubuhmu kenyang lebih lama, usahakan untuk mengkonsumsi menu tambahan, seperti buah kurma dan susu.

Kamu bisa mengolah telur menjadi berbagai makanan yang tidak memakan waktu lama. Sederhana dan rasanya juga enak.

6 dari 8 halaman

Chicken Nugget, Sarden, dan Tempe Orek

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Chicken Nugget

Chicken nugget merupakan salah satu menu sahur ala anak kos yang praktis. Apalagi chicken nugget memilih berbagai macam rasa yang dapat membuat rasa makanan sahurmu lebih beragam. Selalu sedia makanan satu ini di kos sebagai salah satu makanan tambahan pelengkap makan nasi.

Sarden

Sarden dapat dimasak menggunakan rice cooker. Ikan yang dikemas kalengan ini juga ideal dijadikan sebagai menu sahur anak kos karena mudah disajikan dan tertunya bernutrisi tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan lain untuk sarden seperti sayuran atau bahkan sumber protein seperti tahu dan tempe.

Tempe Orek

Jika kamu sedang benar-benar berhemat dalam pengeluaran dan tidak punya waktu banyak saat bangun sahur, tempe orek bisa jadi menu penyelamat. Selain murah dan praktis, tempe orek juga kaya akan protein yang tentunya baik untuk kesehatan selama berpuasa.

7 dari 8 halaman

Mi Instan dan Pasta Instan

Ilustrasi pasta
Perbesar
Ilustrasi pasta (Foto: Unsplash.com/ Sebastian Holdago)

Mi Instan

Menu sahur ala anak kos yang paling praktis dan menjadi favorit tentunya adalah mi instan. Namun, mengonsumsi mi instan terlalu banyak dan terlalu sering tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengontrol waktu untuk makan mi instan ini.

Kamu bisa mencampurakan mi instan dengan makanan sehat lain seperti sayuran. Jadi kamu bisa menyeimbangkan nutrisi pada sayur dengan rasa mi instan yang digemari banyak orang.

Pasta Instan

Masih seputar makanan instan, salah satu menu sahur ala anak kos yang mudah disajikan adalah pasta instan. Kamu tinggal membeli pasta instan ini di minimarket beserta saus instan. Makanan satu ini serba mudah disajikan dan tentunya mengugah selera.

8 dari 8 halaman

Susu dan Buah-buahan

Susu
Perbesar
Ilustrasi Susu. (Istimewa)

Susu

Susu menjadi menu sahur ala anak kos tambahan yang menyehatkan. Hal ini berkaitan dengan anak kos yang kerap kali mengonsumsi menu praktis yang belum tentu bergizi, misalnya mi instan.

Untuk menjaga kandungan protein dalam tubuh, sebaiknya konsumsi susu setelah menyantap menu sahur, terlebih lagi untuk kamu yang hobi mengonsumsi mi instan atau sekedar abon untuk menu sahur.

Buah-buahan

Menu sahur ala anak kosa yang bersifat tambahan lainnya adalah buah-buahan. Pilihan buah-buahan yang mengandung banyak cairan sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Buah-buahan memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat membantu memelihara pencernaan selama berpuasa.

 

Lanjutkan Membaca ↓