Sukses

10 Manfaat Minum Air Putih Hangat Saat Buka Puasa, Sehatkan Tubuh

Air putih hangat aman dikonsumsi saat berbuka.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum air putih hangat saat buka puasa bisa berdampak bagi kesehatan. Air adalah nutrisi penting dan semua organ dan jaringan dalam tubuh bergantung padanya agar tetap berfungsi. Sekitar 60% dari tubuh manusia terdiri dari air.

Karena tubuh kehilangan air secara teratur terutama saat puasa, Anda perlu mengganti kehilangan ini untuk menghindari dehidrasi. Saat buka puasa, tak jarang orang langsung mengonsumsi minuman dingin yang menyegarkan. Minuman manis dan dingin dianggap bisa dengan cepat menghilangkan dahaga.

Namun, tak sedikit pula orang yang lebih suka minum air putih hangat saat berbuka. Konsumsi air putih hangat saat perut dalam keadaan kosong dinilai bermanfaat bagi pencernaan. Manfaat minum air putih hangat sangat berbuka akan membuat pencernaan tidak 'kaget' saat mencerna makanan.

Berikut 10 manfaat minum air putih hangat saat buka puasa seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (29/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat minum air putih hangat saat buka puasa

Sehatkan pencernaan

Minum air hangat bisa menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Air adalah pelumas yang membuat pencernaan terus berjalan. Saat air mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah secara efektif.

Menenangkan sistem saraf pusat

Minum air hangat atau air panas dapat menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuh. Sistem saraf yang tidak terhidrasi dengan baik akan mudah meradangan dan menimbulkan nyeri. Dehidrasi juga dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala. Minum air hangat saat berbuka dapat mengatasi masalah ini dengan cepat.

3 dari 6 halaman

Manfaat minum air putih hangat saat buka puasa

Cegah sembelit

Minum segelas air saat perut kosong dapat membantu menghilangkan akumulasi limbah dan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat. Minum air hangat bisa membantu usus berkontraksi. Ini bisa membuat limbah dalam pencernaan bergerak keluar dengan cepat, sehingga mengatasi sembelit.

Hidrasi tubuh

Air putih, baik dingin maupun hangat bisa membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Minum air hangat saat berbuka puasa bisa membantu mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian. Air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Membiasaka minum air secara teratur dalam keadaan perut kosong dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi.

4 dari 6 halaman

Manfaat minum air putih hangat saat buka puasa

Bantu penurunan berat badan

Minum air hangat membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat tubuh mengkompensasi suhu hangat air, ia menurunkan suhu internal, dan mengaktifkan metabolisme.

Air putih membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah. Minum air putih juga dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Efek ini dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan saat puasa.

Tingkatkan sirkulasi tubuh

Air panas atau hangat adalah vasodilator, yang dapat memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Ini dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

5 dari 6 halaman

Manfaat minum air putih hangat saat buka puasa

Turunkan stres

Karena minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, ia dapat menenangkan tubuh. Minum air hangat saat berbuka dapat membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi tingkat stres. Secangkir air hangat yang menenangkan dapat membantu mengelola stres dan kecemasan.

Kurangi racun dalam tubuh

Air hangat juga bisa berperan sebagai detoksifikasi tubuh. Ketika air cukup panas untuk menaikkan suhu tubuh seseorang, ia bisa menyebabkan keringat.

Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori. Racun tubuh juga bisa keluar melalui urin. Semakin banyak minum air, semakin banyak pula urin yang dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

6 dari 6 halaman

Manfaat minum air putih hangat saat buka puasa

Bantu kembalikan energi

Jika merasa letih dan lemah setelah berpuasa, minum air hangat sangat berbuka bisa mengembalikan kembali energi. Minum air putih saat perut kosong bisa membuat tubuh langsung aktif. Ini merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

Percepat metabolisme tubuh

Minum air putih hangat dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme hingga hampir 25 persen. Mempercepat metabolisme membantu pencernaan makanan lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Kehangatan air panas juga menciptakan uap. Mengambil napas dalam-dalam dari uap lembut ini sambil memegang secangkir air panas dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meringankan sakit kepala sinus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini