Intip Menu Buka Puasa Ramadan ala Pesepakbola Dunia

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 28 Apr 2020, 23:00 WIB
Diperbarui 28 Apr 2020, 23:00 WIB
Paul Pogba
Perbesar
Gelandang Manchester United asal Prancis, Paul Pogba. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta Ramadan sudah memasuki hari kelima dan umat muslim di seluruh dunia tentunya masih menjalani ibadah puasa.

Mereka dengan antusias melaksanakan rukun Islam ketiga ini. Begitu juga seorang atlet, termasuk pesepakbola.

Teristimewa bagi pesepakbola di Eropa. Saat kompetisi masih berjalan, tantangan mereka di bulan Ramadan ini sangat beragam, termasuk soal kondisi cuaca.

Meski demikian, para bintang sepak bola dunia yang beragama Islam ini, tetap rajin dan taat berpuasa.

Menariknya, kendati termasuk atlet kaya mereka tetap sederhana saat berbuka puasa. Hidangan buka mereka sama seperti umat muslim umumnya.

Pemain kelas dunia tersebut, di bulan Ramadan ini ternyata sangat suka menyantap kurma sebagai makanan pembuka ditambah minuman.

2 dari 3 halaman

Sosok Religius

Amin Younes, misalnya. Winger asal Ajax ini, pernah mengunggah foto saat Amin menunggu waktu berbuka tiba. Menunya sederhana. Salah satu menu wajibnya adalah kurma.

Begitu juga dengan bintang Manchester United (MU), Paul Pogba. Beberapa waktu lalu Pogba sempat berbuka dengan sejumlah jemaah di salah satu masjid.

Pemain dengan gaji termahal di MU itu berbuka hanya dengan segelas susu dan beberapa kurma saja.

Seperti diketahui, gelandang asal Prancis ini, menyambut Bulan Suci Ramadan dengan memutuskan umrah ke Tanah Suci Mekah. Pogba mendoakan agar umat Muslim lain dapat mengunjungi Mekah.

Pogba memang terkenal sebagai sosok yang religius. Gelandang MU itu beberapa kali mengunggah foto atau video tengah berkunjung ke Tanah Suci.

3 dari 3 halaman

Muslim Taat

Sementara itu, Franck Ribery, juga pernah mengungkapkan soal makanannya saat berbuka puasa. Ternyata, dia juga hanya menyantap beberapa kurma dan segelas susu.

Pemain asal Prancis itu, punya kebiasaan tidak langsung makan berat usai adzan Magrib. Ribery juga rupanya punya tips tersendiri untuk menjalankan puasa di bulan Ramadan. Dia menyarankan banyak minum air sebelum adzan Subuh terdengar.

"Anda harus banyak minum air karena itu mencegah rasa lapar," ujar Ribery seperti dilansir Football France.

Ribery memeluk Islam sejak menikah dengan wanita bernama Wahiba. Ribery yang punya nama lain Bilal Yusuf Mohamed pernah menolak minum bir saat perayaan juara Munchen beberapa waktu lalu.

Lanjutkan Membaca ↓