Sukses

5 Takjil Paling Diburu Selama Ramadan, Mana Favorit Anda?

Apa saja ya makanan dan minuman yang paling populer saat berbuka?

Liputan6.com, Jakarta Ada sejumlah makanan dan minuman yang ditunggu-tunggu selepas adzan magrib di bulan Ramadan. Biasanya kita menyebutnya dengan takjil.

Takjil sebenarnya adalah istilah dalam Bahasa Arab: t’ajil, yang berarti menyegerakan berbuka sebagaimana hadits Riwayat Anas bin Malik. 

“Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

Dari kebiasaan mencari kudapan inilah, akhirnya beberapa makanan menjadi incaran masyarakat Indonesia.

Namun apa saja ya makanan dan minuman yang paling populer saat berbuka? Berikut enam hidangan terpopuler yang berhasil kami rangkum:

1. Kurma

Di bulan Ramadan, buah kurma biasanya paling dicari. Sejak zaman Rasulullah SAW, buah ini telah dikonsumsinya untuk buka puasa.

Seiring perkembangan penelitian, buah yang aman dikonsumsi bagi penyandang diabetes ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menyehatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan otak, dan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

2. Kolak

Kolak yang disajikan setelah waktu berbuka biasanya memiliki isi yang bermacam-macam. Ada kolak pisang, singkong, kolang-kaling, biji salak (yang terbuat dari ubi) dan labu. Makanan bersantan ini populer karena telah dianggap budaya bagimasyarakat Indonesia. Tak heran, makanan pembuka ini kerap ada di setiap rumah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gorengan

Makanan yang satu ini biasanya tidak terlewatkan bagi umat muslim saat berbuka. Meski dianggap tidak sehat, makanan ini kerap dicari masyarakat. Jenis gorengan pun beragam, ada yang berisi sayur seperti bakwan, panada, atau hanya campuran tepung dan tempe.

4. Kue tradisional

Kue-kue tradisional juga masih menjadi hidangan pembuka palingfavorit. Uniknya, tiap daerah di Indonesia memiliki kue yangbermacam-macam jenis dan namanya. Kue tradisional favorit termasukputu ayu, apem, onde-onde dan banyak lagi.

5. Es buah

Minuman yang berisi bermacam-macam buah ini biasanya menjadi penyegar di kala berbuka. Rasanya yang manis, ditambah dengan buah segar membuat tubuh Anda lebih segar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini