Sukses

Ini Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan

Sedekah di hari biasa saja sudah mendapatkan pahala, apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadan, tentu pahalanya akan berlipat-lipat.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Di bulan ini ada begitu banyak amalan yang akan Allah SWT lipat gandakan pahalanya.

Tak hanya puasa dan sholat, salah satu amalan yang akan dilipiat gandakan pahalanya di bulan suci Ramadan ialah bersedekah. Islam pun nyatanya telah mengajurkan umatnya untuk selalu bersedekah terlebih di bulan Ramadan karena memiliki berbagai keutamaan.

Sedekah di hari biasa saja sudah mendapatkan pahala, apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadan, tentu pahalanya akan berlipat-lipat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Tak cukup sampai disitu, nyatanya jika bersedekah dilakukan untuk melengkapi ibadah wajib di bulan Ramadan seperti sholat dan puasa, jaminan balasannya adalah Surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini