Sukses

Malas ke Bengkel karena Lagi Puasa dan PSBB, Coba Ganti Oli Sendiri di Rumah

Untuk pergi ke bengkel juga segan, meskipun hanya sekedar mengganti oli yang membutuhkan waktu yang tidak lama

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjalankan puasa, tubuh pasti lesu dan membuat Anda jadi malas gerak. Ditambah lagi jika Anda berada di kota yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Covid-19, pastinya bikin males kemana-mana.

Bahkan, untuk pergi ke bengkel juga segan, meskipun hanya sekedar mengganti oli yang membutuhkan waktu yang tidak lama.

Namun, bagi pemilik motor, mengganti oli bisa dilakukan sendiri di rumah. Asal, olinya sudah dibeli tentunya.

Melansir laman resmi Federal Oli, langkah pertama tentu kamu harus menyiapkan oli. Setelah itu, perlu juga dipersiapkan peralatannya sesuai dengan kebutuhan.

Adapun alat-alat yang diperlukan meliputi kunci pas sesuai ukuran baut pembuangan oli pada motor, tang untuk membuka tutup lubang pengisian oli motor, wadah untuk penampung oli bekas, dan corong untuk memasukkan oli baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Wadah untuk Oli Bekas

Setelah siap, buka baut pembuangan oli dengan kunci yang sudah disiapkan tadi. Perlu diingat untuk membukanya putarlah berlawanan arah jarum jam sedangkan untuk menutupnya putar searah jarum jam.

Kalau baut pembuangan oli sudah dibuka, biarkan oli yang ada di dalam mesin keluar semuanya. Jika sudah keluar semua oli bekasnya, tutup kembali baut pembuangan oli.

Siapkan oli baru, buka tutup lubang pengisian oli, kemudian masukkan oli baru, bisa juga manfaatkan corong agar mudah memasukkan oli. Kalau oli baru sudah masuk, tutup kembali tutup lubang pengisian oli motornya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.