Sukses

6 Manfaat Mengakhirkan Sahur Sesuai dengan Sunah Rasulullah

Beraktivitas sembari menjalankan ibadah puasa? Maka anda wajib untuk membaca ulasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Selama puasa, diharuskan untuk menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Maka dari itu, ada beberapa anjuran dalam menjalankan ibadah puasa agar semakin berkah, di antaranya yakni manfaat mengakhirkan sahur.

Rasulullah Muhammad SAW memberikan dua anjuran dalam menjalankan ibadah kepada umat Islam. Pertama yakni untuk mengakhirkan waktu sahur atau menjelang imsak. Kedua, yakni untuk menyegerakan waktu berbuka usai mendengar kumandang adzan Magrib.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu berkata :

تَسَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاةِ ، قَالَ : قُلْتُ : كَمْ بَيْنَ الأَذَانِ وَالسَّحُورِ ؟ قَالَ : قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةٍ

Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu melaksanakan sholat. Anas berkata, Aku bertanya kepada Zaid: “Berapa jarak antara adzan dan sahur ?”. Rasulullah menjawab: ‘Seperti lama membaca 50 ayat’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bacaan 50 ayat bukanlah waktu yang lama. Jadi, bisa disimpulkan bahwa sebaiknya jarak antara makan sahur dan sholat subuh sekitar 15 hingga 30 menit. Sehingga waktu yang diambil untuk sahur tidak terlalu jauh dari adzan subuh.

Selain itu, ternyata manfaat mengakhirkan sahur ada banyak. Anjuran sunnah ini rupanya juga mendatangkan manfaat yang baik secara kesehatan bagi orang yang menjalankan puasa. Seperti apakah manfaat mengakhirkan sahur? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (30/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mempersingkat Waktu Menahan Lapar

Selama menjalankan ibadah puasa, umat muslim harus menahan nafsu seperti makan, minum dan emosi. Dari waktu subuh hingga datangnya waktu magrib. Maka dari itu, manfaat mengakhirkan waktu sahur yakni bisa mempersingkat jeda waktu untuk menahan lapar.

Berbeda keadaan seperti saat kita sahur usai menjalankan sholat tarawih karena malas bangun, atau bahkan ketika sahur tengah malam pada pukul satu atau pukul dua. Tentunya jika sahur terlalu awal dapat membuat kita cepat lapar dibandingkan dengan makan mendekati waktu subuh.

Waktu tubuh manusia untuk mencerna makanan yakni 4 hingga 6 jam, sehingga jika kita sahur semakin dekat dengan waktu subuh, waktu untuk menahan makan semakin singkat karena semakin dekat dengan waktu magrib.

3 dari 7 halaman

2. Tetap Fokus dan Tidak Menganggu Aktivitas

Jika kita sahur terlalu awal, bisa membuat cepat lapar. Jika perut terasa lapar maka selama puasa aktivitas bisa terganggu karena tidak fokus dalam mengerjakan pekerjaan. Baik aktivitas di kantor, rumah, atau pun di sekolah, tentunya menguras banyak energi dan tenaga.

Padahal selama berpuasa dianjurkan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Hal ini bisa memperkaya pahala di bulan Ramadan. Bermalas-malasan seharian malah membuat waktu puasa terasa lebih lama dibandingkan dengan saat sedang beraktivitas. Maka dari itu jangan sampai anda melewatkan manfaat mengakhirkan sahur.

4 dari 7 halaman

3. Terhindar dari Gangguan Kesehatan

Salah satu manfaat mengakhirkan sahur yang paling penting yakni membuat anda tetap terjaga usai sahur. Setelah sahur sebenarnya tidak disarankan untuk kembali tidur. Hal ini dikarenakan banyak kerugian yang bisa diperoleh akibat terbiasa tertidur usai menjalankan sahur. Di antaranya adalah gangguan pencernaan.

Jika anda tertidur, membuat makanan yang telah di konsumsi selama sahur menjadi sulit dicerna. Akhirnya, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh jadi tidak terserap secara maksimal. Lama kelamaan kondisi ini bisa mendatangkan penyakit gangguan kesehatan. Nutrisi yang tidak terserap dengan baik juga bisa membuat kita cepat merasa lemas selama menjalankan ibadah puasa.

5 dari 7 halaman

4. Bisa Salat Subuh Tepat Waktu

Salah satu manfaat mengakhirkan sahur, pada saat selesai makan, kita akan langsung bertemu dengan adzan subuh. Hal tersebut tentu dapat memudahkan anda untuk menjalankan sholat subuh tepat waktu. Berbeda dengan ketika kita sahur tengah malam atau selesai sholat tarawih.

Jika berhasil sholat subuh tepat waktu, tentunya ada banyak keberkahan Ramadan yang bisa kita raih. Ada pahala berlipat yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang menjalankan ibadah dengan baik selama bulan suci ini.

6 dari 7 halaman

5. Baik Untuk Kesehatan, Terutama Orang yang Sedang Menjalankan Diet

Salah satu keutamaan manfaat mengakhirkan sahur yakni baik bagi anda yang sedang diet. Dalam menjalankan program diet, yang terpenting adalah menjaga pola makan. Maka dari itu, mengatur waktu makan menjadi penting. Selama berpuasa, hanya diperbolehkan makan saat sahur dan berbuka puasa.

Jika anda menjalankan sahur terlalu pagi, makanan yang ada diperut bisa jadi sudah selesai dicerna. Maka asam lambung bisa naik dan anda merasakan rasa lapar. Ketika lapar melanda, hal ini bisa mengganggu konsentrasi, terlebih lagi jika anda diet untuk menurunkan berat badan.

7 dari 7 halaman

6. Tubuh Menjadi Lebih Segar Sepanjang Hari

Terakhir, manfaat mengakhirkan sahur yakni membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan bugar. Hal ini dikarenakan anda tidak perlu bangun terlalu pagi. Sehingga usai sahur pun anda tidak merasa mengantuk.

Jika anda sahur terlalu pagi, ada kemungkinan untuk merasa mengantuk terutama di siang hari. Maka dari itu, disarankan untuk tidak melewatkan manfaat mengakhirkan sahur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini