Sukses

3 Prinsip Dasar yang Perlu Diketahui bila Ingin Diet saat Puasa

Momentum Ramadan kerap dijadikan kesempatan bagi sebagian orang untuk menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Momentum Ramadan kerap dijadikan kesempatan bagi sebagian orang untuk menurunkan berat badan atau diet saat berpuasa. Sebenarnya ini tak jadi masalah apabila diet yang dilakukan benar dalam arti sesuai anjuran kesehatan dan gizinya terpenuhi.

Namun sering beberapa orang tak paham mengenai makna diet itu sendiri. Hal ini membuat pola diet yang salah saat puasa menyebabkan kesehatan terganggu, lemas, hingga dehidrasi.

Dinda Utami, APKI Certified Trainer dan NLP Licensed Practitioner mengatakan, diet itu sendiri adalah pola makan, sehingga apabila Anda mau memanfaatkan momentum bulan puasa ini untuk diet, maka sebaiknya perbaiki pola makan itu sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 prinsip diet

Menurut Dinda, ada tiga prinsip utama yang perlu diketahui orang yang ingin berdiet sambil puasa, yakni variatif, moderat dan seimbang.

"Prinsip variatif dari sisi jenisnya, moderat dari sisi porsinya agar tidak kekenyangan, dan seimbang, dari sisi nutrisinya," katanya melalui video Health-Liputan6.com.

Dinda pun menyarankan agar sewaktu buka puasa, sebaiknya Anda yang sedang berdite tetap mengonsumsi makanan seimbang.

"Tetap mengonsumsi karbohidrat, protein, sayur dan buah-buahan, juga minum air putih yang cukup. dan berolahraga dalam intensitas rendah," katanya.

Dinda menuturkan, bila kita fokus pada perbaikan pola makan dan dilakukan secara konsisten, maka ini jadi lifestyle baru yang terus berlanjut walaupun ramadan sudah berakhir, dan turun berat badan adalah bonusnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.