Sukses

Buka Puasa, Ini Resep Kolak Biji Salak dan Cara Membuatnya yang Mudah untuk

Kolak biji salak jadi takjil yang lezat untuk buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan suci Ramadan tentu banyak masyarakat menyajikan berbagai menu masakan yang lezat untuk buka puasa. Biasanya dalam menu buka puasa tersebut terdapat takjil yang memiliki rasa manis seperti kolak.

Ada banyak macam resep membuat kolak buka puasa, seperti halnya resep kolak biji salak. Kolak ini selain memiliki rasa manis, namun memiliki tekstur yang lembut dan kenyal saat menikmatinya.

Resep takjil buka puasa ini pun cukup mudah. Selain bahan-bahannya mudah didapatkan, cara membuatnya juga tak kalah mudah. 

Berikut resep kolak biji salak untuk buka puasa dan cara membuatnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan untuk membuat kolak biji salak

  • 350 gram tepung tapioka
  • 350 gram ubi jalar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 blok gula aren
  • 150 ml santan kelapa
  • 1,5 liter air
  • 5 lembar daun pandan
  • 3 sendok makan tepung tapioka yang sudah dilarutkan sedikit air
3 dari 5 halaman

Cara membuat kolak biji salak dengan mengolah ubinya terlebih dahulu

Ubi yang sudah disiapkan dikupas dan dicuci terlebih dahulu. Usai bersih ubi ini pun dikukus hingga matang dan empuk. Apabila kira-kira sudah matang dan empuk, ubi ini pun ditumbuk hingga halus dan tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit.

Bila adonan tersebut sudah tercampur dengan rata. bentuk adonan kecil-kecil sesuai selera. Baik mau berbentuk kubus, bulat atau seperti kelereng.

4 dari 5 halaman

Melarutkan gula dan merebus biji salak

Gula yang sudah disiapkan tadi direbus bersama dengan daun pandan yang sudah diikat simpul. Rebus gula tersebut sampai larut dan mendidih.

Saat melarutkan gula, bisa dijuga dibarengi dengan merebus biji salak pada tungku yang lain. Pertama-tama rebus air hingga mendidih. Lalu masukan biji salak yang tentunya sudah dicuci kedalam air mendidih. Tunggu hingga matang dengan mengambangnya biji salak tersebut.

Usai biji salak mengambang, ambil biji salak tersebut ke dalam panci baru dan tuangkan air rebusan gula. Lalu rebus kembali dengan api kecil dan tambahkan 3 sendok makan larutan tepung tapioka tadi hingga kolak agak kental.

5 dari 5 halaman

Membuat kuah santan untuk kolak biji salak

Membuat kuah santan untuk kolak biji salak sangatlah mudah. Yaitu dengan merebus santan yang dicampur dengan daun pandan dan garam. Kuah santan pun bisa dikreasikan sesuai selera.

Usai kuah santan jadi, tinggal jadikan satu dalam mangkok baik itu ubi yang berbentuk bulan, biji salak, rebusan gula, dan tentunya dicampur santan. Selamat menikmati kolak biji salak untuk berbuka puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini