Buka Puasa, Ini Resep Kolak Biji Salak dan Cara Membuatnya yang Mudah untuk

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 02 Mei 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 02 Mei 2020, 18:03 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan suci Ramadan tentu banyak masyarakat menyajikan berbagai menu masakan yang lezat untuk buka puasa. Biasanya dalam menu buka puasa tersebut terdapat takjil yang memiliki rasa manis seperti kolak.

Ada banyak macam resep membuat kolak buka puasa, seperti halnya resep kolak biji salak. Kolak ini selain memiliki rasa manis, namun memiliki tekstur yang lembut dan kenyal saat menikmatinya.

Resep takjil buka puasa ini pun cukup mudah. Selain bahan-bahannya mudah didapatkan, cara membuatnya juga tak kalah mudah. 

Berikut resep kolak biji salak untuk buka puasa dan cara membuatnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/4/2020).

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan untuk membuat kolak biji salak

Resep Kolak Biji Salak dan Cara Membuatnya yang Mudah
Perbesar
Kolak Biji Salak | Via: id.openrice.com
  • 350 gram tepung tapioka
  • 350 gram ubi jalar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 blok gula aren
  • 150 ml santan kelapa
  • 1,5 liter air
  • 5 lembar daun pandan
  • 3 sendok makan tepung tapioka yang sudah dilarutkan sedikit air
3 dari 5 halaman

Cara membuat kolak biji salak dengan mengolah ubinya terlebih dahulu

Resep Kolak Biji Salak dan Cara Membuatnya yang Mudah
Perbesar
Ubi jalar (sumber: iStockphoto)

Ubi yang sudah disiapkan dikupas dan dicuci terlebih dahulu. Usai bersih ubi ini pun dikukus hingga matang dan empuk. Apabila kira-kira sudah matang dan empuk, ubi ini pun ditumbuk hingga halus dan tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit.

Bila adonan tersebut sudah tercampur dengan rata. bentuk adonan kecil-kecil sesuai selera. Baik mau berbentuk kubus, bulat atau seperti kelereng.

4 dari 5 halaman

Melarutkan gula dan merebus biji salak

Resep Kolak Biji Salak dan Cara Membuatnya yang Mudah
Perbesar
Gula merah untuk kecilkan pori-pori wajah.

Gula yang sudah disiapkan tadi direbus bersama dengan daun pandan yang sudah diikat simpul. Rebus gula tersebut sampai larut dan mendidih.

Saat melarutkan gula, bisa dijuga dibarengi dengan merebus biji salak pada tungku yang lain. Pertama-tama rebus air hingga mendidih. Lalu masukan biji salak yang tentunya sudah dicuci kedalam air mendidih. Tunggu hingga matang dengan mengambangnya biji salak tersebut.

Usai biji salak mengambang, ambil biji salak tersebut ke dalam panci baru dan tuangkan air rebusan gula. Lalu rebus kembali dengan api kecil dan tambahkan 3 sendok makan larutan tepung tapioka tadi hingga kolak agak kental.

5 dari 5 halaman

Membuat kuah santan untuk kolak biji salak

Resep Kolak Biji Salak dan Cara Membuatnya yang Mudah
Perbesar
Antara kolak pisang dan biji salak, mana menu kesukaanmu saat berbuka?

Membuat kuah santan untuk kolak biji salak sangatlah mudah. Yaitu dengan merebus santan yang dicampur dengan daun pandan dan garam. Kuah santan pun bisa dikreasikan sesuai selera.

Usai kuah santan jadi, tinggal jadikan satu dalam mangkok baik itu ubi yang berbentuk bulan, biji salak, rebusan gula, dan tentunya dicampur santan. Selamat menikmati kolak biji salak untuk berbuka puasa.

Lanjutkan Membaca ↓