Sukses

7 Menu Sahur yang Bikin Tubuh Tetap Fit Meski Berpuasa

Berikut ini merupakan menu sahur yang dapat membantu tubuh Anda tetap bugar setelah seharian beraktivitas sambil berpuasa

Liputan6.com, Jakarta Sahur merupakan bagian terpenting dari puasa. Sahur merupakan makan sebelum adzan subuh berkumandang.

Saat berpuasa, kadar gula darah bisa menurun karena tidak ada makanan yang masuk dalam jangka waktu tertentu. Namun, jika Anda sahur dengan menu yang tepat, tubuh akan tetap fit meski beraktivitas seperti biasanya. Biasanya jenis makanan yang melepaskan energi secara perlahan ke seluruh tubuh, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini merupakan menu sahur yang dapat membantu tubuh Anda tetap bugar setelah seharian beraktivitas sambil berpuasa, dilansir dari Gulf News.

1. Telur

Sudah tak bisa dipungkiri manfaat dari telur. Sebagai pemilik predikat makanan bergizi yang paling mudah didapatkan dengan kandungan protein yang sangat tinggi, serta enak rasanya juga cocok dikombinasikan dengan banyak makanan. Pilihan terbaik untuk merasakan kenyang lebih lama dan rasanya yang enak yaitu dengan makan telur. Untuk rasa yang kaya serta penuh gizi, Anda bisa mengkombinasikannya dengan sayuran.

2. Alpukat

Buah yang sangat bernutrisi ini bisa dijadikan sebagai makanan penutup saat sahur. Buah ini juga menambah tekstur dan cita rasa pada hidangan apapun. Alpukat mengandung serat yang tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi biasa dikonsumsi orang yang sedang diet karena serat dicerna lebih lama (energi yang dihasilkan dilepaskan secara perlahan), sehingga membuat orang merasa kenyang lebih lama. Anda bisa mencampur buah ini dengan menu yang manis, ke dalam salad, atau dimakan dengan roti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Roti Gandum

Roti gandum juga tinggi serat. Anda bisa mengkombinasikannya dengan apapun untuk mendapat rasa yang Anda inginkan.

4. Kacang

Kacang-kacangan, terutama jenis almond mengandung vitamin E, dapat membantu menurunkan kolesterol, sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Rasanya yang lezat dan bernutrisi, membuat kacang Almond direkomendasikan oleh Fakultas Kedokteran University of Massachusetts sebagai menu yang harus ada dalam makanan Anda. Selain kaya nutrisi, kacang almond juga termasuk makanan yang membuat Anda kenyang sepanjang hari. Anda bisa mencoba roti gandum yang diolesi selai kacang atau memakan kacang utuh.

5. Yoghurt

Yoghurt mengandung protein dan probiotik yang cukup membuat Anda merasa kenyang seharian. Yoghurt plain rendah karbohidrat sekaligus mambantu menjaga rasa haus. Anda bisa mengkombinasikan yoghurt plain dengan buah-buahan dan kacang-kacangan untuk tambahan vitamin dan nutrisi.

 

3 dari 3 halaman

6. Salmon

Salmon mengandung protein, vitamin dan mineral. Salmon juga terkenal mengandung asam lemak omega-3, yang merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga membutuhkan sumber dari luar. Manfaat omega-3 yaitu kesehatan otak.

7. Sereal

Sereal merupakan salah satu makanan sehat favorit di seluruh dunia. Dikatakan sehat karena bebas pemanis, serta kaya protein dan memiliki cukup asam amino. Karena ditanam secara organik, ditambah rasanya yang cocok dengan apa saja membuatnya mendapat predikat super food. Sereal ini juga fleksibel, bisa dimakan saat sarapan, makan siang maupun makan malam. Dengan mengonsumsinya, Anda akan merasa kenyang cukup lama dan merupakan pilihan tepat saat sahur untuk menghadapi puasa seharian penuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini