Sukses

Facebook Rilis Kampanye Jaga Jarak Tetap Semarak Selama Ramadan 2020

Kampanye ini terdiri dari tiga program yaitu Bazar di Rumah, Belajar Digital di Rumah, dan Kreasi di Rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 2020 beberapa hari mendatang, Facebook Indonesia merilis kampanye "Jaga Jarak, Tetap Semarak".

Adapun kampanye tahun ini berisikan ragam aktivitas, serta program untuk memberikan kesempatan bagi masyarkat untuk berinteraksi dan berdiskusi selama bulan suci ini.

Kampanye Facebook ini terdiri dari tiga program yaitu Bazar di Rumah, Belajar Digital di Rumah, dan Kreasi di Rumah.

Ketiga program tersebut diyakini akan berjalan dengan optimal mengingat situasi di tengah pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang lebih sering berinteraksi secara online.

"Selama ini percakapan dan perayaan di bulan Ramadan semakin banyak terjadi di online," ungkap Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, baru-baru ini.

"Sehubungan situasi Covid-19 seperti saat ini, interaksi online pun semakin meningkat karena ruang keluarga telah berubah menjadi suatu pengalaman digital untuk berkomunikasi, mencari informasi, bekerja dan belajar."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Ramadan yang Beda

(ilustrasi/guim.co.uk)

"Ini akan mejadi Ramadan yang sangat berbeda, tapi tetap akan ada silaturahmi, aktivitas sosial, tapi yang beda cara menjalankannya. Kita menjalankan semuanya itu dengan menjaga jarak. Kondisi sekarang mendadak digital semuanya," katanya.

Beberapa aktivitas yang akan dilakukan melalui kampanye ini:

1. Bazaar di Rumah: Selama Ramadan, Facebook membantu para pelaku UMKM untuk tetap bisa mendapatkan kesempatan melalui layanannya.

Melalui Virtual Bazaar, para pelaku UMKM bisa menjual barang-barang mereka dan menemukan pelanggan yang sesuai dan membutuhkan barang-barang tersebut.

Virtual Bazaar ini akan ditayangkan melalui platform Facebook.

2. Belajar Digital di Rumah: Belajar untuk meningkatkan kemampuan digital marketing bersama Facebook.

3. Kreasi di Rumah: Facebook bekerjasama dengan beberapa mitra untuk memberikan informasi mengenai Covid-19 agar mudah dipahami oleh publik.

 

3 dari 3 halaman

Program Ramadan Lain

Facebook (JUSTIN SULLIVAN / AFP)

Selain itu, Facebook juga akan menggelar program Ramadan Bareng bersama kreator dan stasiun televisi. Berbagai konten yang disiapkan dalam program ini antara lain acara musik, memasak, dan siraman rohani.

Salah satu content creator yang diajak kerja sama adalah Nas Daily untuk memproduksi serial "Stories of Ramadan". Serial ini menyajikan delapan episode beragam aspek dalam momen Ramadan, mulai dari ibadah hingga donasi sukarela.

Program ini akan tayang perdana pada Kamis, 23 April, di halaman Facebook Nas Daily Bahasa Indonesia.

Para gamer dan pencipta gim kini juga dapat memanfatkan fitur baru "Tournament", yang memungkinkan mereka mengundang komunitas gamer untuk bertanding. Fitur ini tetap dapat membuat mereka saling terhubung selama menjalani ibadah Ramadan di rumah.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini