Sukses

Sunah dan Doa di Bulan Syakban untuk Sambut Ramadan

Ada sunah-sunah dan doa yang baik diamalkan menjelang masuknya bulan Ramadan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa, karena Ramadan adalah satu-satunya bulan yang disebut Allah dalam Al-Quran. Selain itu, pada bulan Ramadan

Menurut Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya di akun YouTube Ceramah Pendek mengatakan, seringkali kita melihat banyak orang baik yang dipanggil sebelum bulan Ramadan. Banyak kematian terjadi sebelum Ramadan. Hal ini, menurut Ustaz Adi Hidaya, karena menurut Allah, bekalnya sudah banyak.

Oleh sebab itu, Ramadan kali ini adalah untuk memperbaiki diri dan memperbanyak amal. Bisa jadi Ramadan ini merupakan yang terakhir bagi kita. Oleh karena itu, Ramadan kali ini jangan disia-siakan.

Lakukanlah sunah-sunah di bulan Syakban, yakni sebelum Ramadan, sesuai tuntunan Rasulullah. Sunah-sunah ini mencakup sunah yang berlaku di malam hari, sunah yang berlaku di siang hari, dan sunah yang tidak dibatasi siang ataupun malam.

Apa saja sunah-sunah itu?

1. Sunah yang berlaku di siang hari

• Perbanyak puasa di bulan Sya'ban (Lihat Hadits Riwayat Bukhari No. 1833).

2. Sunah yang berlaku di malam hari

•Banyak salat malam (Qiyamul Lail, Tahajud, Witir), tarawih (sesuatu yang dilakukan dengan tenang). banyak baca doa Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni...

3. Sunah yang berlaku di waktu keduanya (tidak dibatasi waktu)

•Banyak membaca Al-Quran

•Banyak Istigfar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Sambut Ramadan

Ustaz Adi Hidayat menyarakan agar umat manusia bersiap-siap menyambut Ramadan dengan membaca doa ini.

 

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

ALLAHUMMA AHILLAHU ALAYNAA BILYUMNI WAL'IYMAANI WASSALAMATI WAL ISLAMI ROBBI WAROBBUKALLAH

Artinya:

Ya Allah mohon hadirkan awal Ramadan kepada kami dengan penuh ketenteraman, dengan penuh kekuatan iman (semangat ibadah), sehat dan selamat, dan dengan kekuatan Islam. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aamiin Yarobbal Aalamiin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini