Sukses

Giliran Wagub Kaltim Minta Warga Laksanakan Ibadah Ramadan di Rumah

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi ikut mengingatkan masyarakat agar menjalankan ibadah Ramadan di rumah.

Liputan6.com, Samarinda - Himbauan agar masyarakat melaksanakan ibadah di rumah memang menemui jalan terjal. Tak semudah yang dibayangkan agar Covid-19 tak menudah menyebar.

Banyak masjid di Kalimantan Timur (Kaltim) masih saja menggelar salat berjamaah, termasuk Salat Jumat. Pemerintah Kota Samarinda saja mengakui kesulitan mensosialisasikan himbauan tersebut.

Kini giliran Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi yang meminta masyarakat untuk beribadah di rumah, terutama saat Ramadan nanti. Dia mengimbau masyarakat agar  dapat melaksnakan anjuran pemerintah, beribadah dan bekerja di rumah saja.

Hadi mengaku, himbauan ini pasti tidak nyaman. Namun Hadi menekankan jika musibah ini sebuah takdir dan kenyataan yang harus dihadapi bersama.

“Semoga dengan ketaatan terhadap anjuran pemerintah, kita bisa melewati pandemi Covid-19 dengan cepat, sehingga semua sektor bisa pulih dan normal kembali. Kita juga bisa kembali beribadah di masjid dan musala lagi,” kata Hadi Mulyadi, Minggu (19/4/2020). 

Penyebaran wabah virus corona atau banyak disebut Covid-19 ini memang tidak diduga sebelumnya. Karena itu Hadi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk  melaksanakan anjuran pemerintah pusat dan daerah untuk mencegah penyebaran virus ganas dan berbahaya ini.

Di antaranya dengan menaati anjuran Menteri Kesehatan untuk menjaga pola hidup sehat, tidak berpergian ke luar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, termasuk mudik atau pulang kampung.

Hadi juga meminta masyarakat selalu menjaga kesehatan, jaga lingkungan, jaga diri dengan selalu  mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Serta tidak lupa memakai masker bila bepergian ke luar rumah.

Selain itu, dalam menjalankan ibadah puasa, Hadi Mulyadi  mengharapkan masyarakat untuk mematuhi Surat Edaran Menteri Agama berupa panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi  masyarakat muslim dari risiko penularan Covid-19.

“Panduan dari Kementerian Agama untuk umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, dengan melaksanakan sahur dan buka puasa sendiri atau bersama keluarga. Tidak menggelar acara sahur di jalan atau  buka puasa bersama,” tandasnya.

Selain taat dengan ajuran pemerintah, Wagub Hadi Mulyadi  mengharapkan seluruh  masyarakat Kaltim untuk terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti semula.

Simak juga video pilihan berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.