Sukses

Pemkab Trenggalek Siapkan Tempat Singgah untuk Warganya yang Nekat Mudik

Bila difungsikan secara maksimal, tempat singgah itu bisa menampung mereka yang nekat mudik hingga 100 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur, menyiapkan sejumlah rumah singgah di setiap kecamatan untuk menampung warganya yang nekat mudik Lebaran meski telah dilarang.

Pelarangan mudik Lebaran itu dilakukan untuk mengantisipasi sekaligus mencegah penularan virus Corona Covid-19.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, pihaknya saat ini menyiapkan 14 gedung sekolah yang dialihfungsikan menjadi rumah singgah bagi pemudik Lebaran.

Jumlah itu bisa saja ditambah dengan melihat perkembangan ke depan. Meskipun, Nur Arifin berharap warga patuh untuk tidak mudik dulu demi mencegah dan memutus rantai penularan Corona Covid-19.

"Kabupaten Trenggalek menyiagakan rumah singgah sekaligus ruang observasi pelayanan Covid-19 ini ditujukan bagi mereka yang masih memaksa mudik dan tidak memungkinkan untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Maka kami observasi dahulu di tempat yang telah disediakan," kata Nur Arifin usai meninjau rumah singgah sementara di SMPN 1 Pogalan, Trenggalek, dikutip dari Antara, Selasa (21/4/2020).

Dia menjelaskan, di tempat singgah tersebut, Pemkab Trenggalek menyiagakan lima ruang yang masing-masingnya bisa menampung hingga enam tempat tidur.

Sehingga, kata Nur Arifin, bila difungsikan secara maksimal, tempat singgah itu bisa menampung mereka yang nekat mudik hingga 100 orang.

"Rumah singgah ini nantinya juga akan dilengkapi dapur umum, yang logistiknya disediakan oleh Dinas Sosial. Namun yang masak nantinya kalau bisa UMKM setempat sehingga pelaku ekonomi ini bisa tergerak," ucapnya.

"Nanti setiap kecamatan kami ploting minimal ada satu, tetapi dari Dinas Pendidikan sesuai arahan gubernur sekolah-sekolah kami gunakan sebagai rumah singgah sementara," sambung Nur Arifin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Buat Stigma Buruk

Menurut Nur Arifin, Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek sudah menyiapkan tiga sampai lima opsi, baik SD maupun SMP. Namun saat ini, kata dia, proyeksi disiapkan dulu setiap kecamatan satu lokasi rumah singgah.

"Namun kami berharap meskipun rumah singgah sudah disiapkan, tempat ini bisa kosong. Artinya semua orang bisa disiplin bisa melaksanakan tidak mudik, sehingga tidak menjadi beban atau risiko bagi tempat yang didatangi," kata dia.

Nur Arifin berharap ada edukasi kepada masyarakat sehingga tidak ada stigma buruk terhadap rumah singgah atau ruang isolasi, bahkan kepada mereka yang nantinya disinggahkan dalam tempat tersebut.

"Jangan ada stigma negatif kepada mereka dan tempat ini, karena tempat ini kita persiapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang kemungkinan bisa terbawa oleh masyarakat yang melaksanakan mudik," jelas Nur Arifin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.