Sukses

Selain Air Putih, 7 Minuman Ini Bisa Jadi Alternatif Sehat di Bulan Ramadan

Selain air putih, ternyata ada alternatif minuman yang menyehatkan saat berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Setiap puasa di bulan Ramadan, seseorang cenderung berisiko dehidrasi karena tak makan dan minum sehari penuh selama sebulan.

Selain harus menahan minum, Anda juga tidak direkomendasikan melakukan olahraga di pagi hari karena akan membuat kelelahan. Hasilnya,tubuh pun jadi kurang fit.

Biasanya, para ahli kesehatan merekomendasikan asupan air putih 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi ini. Namun selain air putih, ternyata ada alternatif minuman yang menyehatkan saat berbuka puasa. Berukut ulasannya, seperti dikutip Boldsky:

1. Campuran rempah dan yogurt

Masukan air, biji jintan, irisan jahe dan sedikit garam pada secangkir yoghurt. Kocok dan campur semuanya. Minuman ini kaya bakteri baik(probiotik), antioksidan dan elektrolit yang dapat melindungi tubuhdari berbagai penyakit dan juga melindungi Anda dari dehidrasi.

Gabriela, seorang nutrisionis mengatakan, normalnya tubuh membutuhkan multi-vitamin yang mengandung Vitamin C, D dan B12, serta makanan super untuk menambah kekebalan tubuh.

Namun bahan aktif dalam kunyit adalah seperti curcumin, memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dan bertindak sebagai antioksidan kuat yang terbukti memiliki beberapa sifat antivirus.

"Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kunyit, Anda bisa mengombinasikan satu sendok penuh kunyit dengan satu sendok makan minyak kelapa untuk membuatnya menjadi pasta, lalu tambahkan susu. Komponen curcumin lebih mudah diserap jika ditambahkan lemak-- dan jangan lupa menambahkan lada hitam," katanya, seperti dikutip Dailymail.

Selain rempah-rempah seperti kunyit, makanan super yang berwarna-warni seperti blueberry, ceri, acai, dan delima juga berperan penting dalam meningkatkan kekebalan dalam beberapa cara.

"Makanan dengan warna merah tua, ungu dan hitam memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat karena mereka melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oleh radikal bebas. Mereka sangat penting untuk mendukung kesehatan kita, tetapi khususnya sistem kekebalan tubuh kita," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Air lemon dan mint

Taruh beberapa daun mint dan irisan lemon dalam segelas air dandidihkan selama 15 menit. Setelah itu, dinginkan dan tambahkan madusecukupnya. Resep ini dapat mencegah dehidrasi dan lemas saat puasa.

3. Air mentimun

Mencampur minuman ini palung mudah. Masukkan timun yang telah diiristipis-tipispad segelas air. Tambahkan beberapa daun mint dan irisanjeruk. Minuman ini sehat juga akan melindungi Anda dari teriknyamatahari.

4. Jeruk peras

Jeruk peras yang kaya vitamin C dan elektrolit akan mencegah Anda darikelelahan dan dehidrasi. Ini adalah salah satu minuman terbaik untukmemuaskan dahaga saat buka puasa.

5. Jus semangka

Jus semangka ditambah beberapa tetes lemon dan sedikit garam akanmenjadi minuman yang sempurna saat buka puasa. Semangka dapat membantumencegah dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini