Sukses

Stadion Webley Pernah Kumandangkan Adzan saat Bulan Ramadan

Stadion Wembley untuk pertama kalinya mengumandangkan azan pada hari Ramadan ke-26 atau 31 Mei 2019.

Liputan6.com, London - Salah satu stadion termegah di Inggris, Wembley Stadium, rupanya pernah mengumandangkan adzan. Ini terjadi saat Ramadan tahun 2019.

Tercatat, Stadion Wembley untuk pertama kalinya mengumandangkan azan pada hari Ramadan ke-26 atau 31 Mei 2019.

Video detik-detik bersejarah itu pertama kali diunggah oleh laman Facebook ilmFeed. Dalam video tersebut, terdengar seorang muazin mengumandangkan azan di Stadion Wembley.

Bukan tanpa alasan pengelola Stadion Wembley mengizinkan azan berkumandang. Pada saat itu, di sana sedang bertepatan dengan program buka puasa yang diselenggarakan oleh The Ramadan Tent Project dengan tajuk Open Iftar 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Even Mengenal Islam

Even ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman mengenai ajaran Islam, puasa, dan ramadan kepada penduduk non-Muslim di London. Program ini sudah berlangsung dalam enam tahun terakhir, tapi baru pertama kali azan berkumandang di Stadion Wembley.

"Open Iftar atau biasa disebut buka puasa bersama yang boleh diikuti oleh orang-orang dari berbagai latar belakang berbeda. Acara tersebut tak hanya diperuntukkan bagi orang Islam, boleh dihadiri oleh orang-orang yang beragama lain, bahkan ateis sekalipun," tulis pernyataan resmi @muhammadhusein_gaza di akun sosial media Instagram.

Namun, khusus untuk acara buka puasa bersama di bulan Ramadan yang berlangsung di Stadion Wembley, pihak penyelenggara telah bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

 
 
 
View this post on Instagram

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah berdiri Stadion Wembley mengumandangkan adzan dalam acara Open Iftar 2019. ㅤ Open Ifthar sendiri merupakan acara buka puasa bersama yang boleh diikuti oleh orang-orang dari berbagai latar belakang berbeda. Acara tersebut tak hanya diperuntukkan bagi orang Islam, boleh dihadiri oleh orang-orang yang berasal dari agama lain, bahkan atheist sekalipun. Tujuan acara Open Iftar dilakukan adalah untuk memperkenalkan kepada publik tentang bulan Ramadhan dan juga tentang agama Islam. Acara Open Iftar diadakan di tempat-tempat berbeda selama bulan Ramadhan. Khusus pada acara yang dilangsungkan di stadion Wembley kemarin, Open Iftar bekerja sama dengan federasi sepakbola Inggris (FA). . Respect! 😍 . 📽 @ilmfeed 📝 Extra Time.

A post shared by Liputan Timnas Indonesia (@liputantimnas) on

 

3 dari 3 halaman

Sejarah Stadion Wembley

Pertama kali didirikan pada 1922 dan dibuka pada 28 April 1923, Wembley sempat direnovasi pada 1963 dan akhirnya ditutup pada 7 Oktober 2000 karena dirubuhkan dan dibangun ulang mulai 2002.

Setelah dirubuhkan pada 2002 hingga 2003, Stadion Wembley dibangun kembali di tempat yang sama selama kurang lebih empat tahun, sejak 2003 dan dibuka secara resmi pada 9 Maret 2017. Stadion Wembley yang baru memiliki kapasitas 90 ribu kursi yang menjadikan tempat ini sebagai stadion nomor dua dengan kapasitas terbesar di Eropa setelah Camp Nou.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.